x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Penggabungan Bursa Saham Jadi Bursa Efek Indonesia

IDX Jadi Pusat Informasi Perkembangan Pasar Modal

Sabtu, 08 Oktober 2011 14:19 WIB (3 years yang lalu)Editor:
IDX Jadi Pusat Informasi Perkembangan Pasar Modal - Penggabungan Bursa Saham Jadi Bursa Efek Indonesia - Pusat Pasar Modal IDX

Pusat Pasar Modal IDX

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Kehadiran pasar modal (capital market) bagi para pelaku bisnis di Jawa Timur, khususnya Surabaya, menjadikan instrumen keuangan jangka panjang. Investasi itu berupa surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksadana maupun instrumen derivatif.

Derivatif diartikan sebagai sebuah kontrak bilateral atau perjanjian penukaran pembayaran yang nilainya diturunkan atau berasal dari produk yang menjadi acuan pokok yang juga disebut produk turunan (underlying product). Yakni, suatu perjanjian untuk saling mempertukarkan uang, aset yang menjadi acuan pokok sebagai dasarnya.

Hal senada juga disebutkan Nur Harjantie, Head of Information Marketing division IDX (Indonesia Stock Xchange/ Bursa Efek Indonesia. Terhitung mulai tanggal 1 Desember 2007 secara resmi Bursa Efek Indonesia telah efektif.

“Bursa Efek ini (IDX-red) akan memfasilitasi perdagangan saham (equity), surat utang (fixed income), maupun perdagangan derivatif (derivative instruments), dimana IDX sebagai Bursa Efek tunggal dan diharapkan akan meningkatkan efisiensi industri pasar modal di Indonesia dan menambah daya tarik untuk berinvestasi bagi kalangan pelaku bisnis,” paparnya kepada LENSAINDONESIA.COM, Sabtu (8/10/2011).

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2007, para pemegang saham kedua Bursa Efek telah menyetujui rancangan penggabungan Bursa Efek Surabaya ke dalam Bursa Efek Jakarta yang kemudian menjadi Bursa Efek Indonesia.

Selanjutnya, telah dilakukan berbagai kegiatan dalam rangka persiapan penggabungan, khususnya yang menyangkut aspek legal dan pengesahan anggaran dasar dari Departemen Kehakiman dan HAM. Oleh karena itu, BEI sebagai market financial yang mengelola pasar modal dari instrumen keuangan tersebut diatas (Saham, obligasi, ETF/Xchange traded fun/Danareksa).

Nur Harjantie menambahkan, Dengan banyaknya edukasi kepada masyarakat langsung ” IDX berharap sebagai pilihan alternatif melakukan investasi yang berfokus pada permintaan dan penawaran investor sendiri melalui system yang sudah tertata dan kredible.”

Berapa punishmen/sanksi hukuman juga sangat diperhatikan dalam bertransaksi.”Akan diberlakukan pencabutan, pembekuan jika terbukti memanipulasi pasar, karena itu sudah menjadi tugas pokok admin dalam menanamkan trust (kepercayaan) serta berperan sebagai efek permodalan sendiri,” jelas Nur.

Sementara ditahun 2009-2010 IDX juga berhasil menembus angka kenaikan di Asia Pasifik untuk IHSG (Indek Harga Saham Gabungan) dengan posisi saham rata-rata jumlah divident paid 3,207. ini sekaligus membawa peningkatan yang signifikan.sumber IDX Surabaya

“Laporan keuangan investor juga sangat berpengaruh pada pelaku pasar modal sendiri,” tegasnya.

Selain itu, pemasaran pasar modal sendiri juga telah diakui secara sah hukum syariat yang tertuang pada kebijakan Fatwa MUI No.80 tahun 2011 yang menyatakan, bahwa perdagangan pasar saham Bursa Efek Indonesia telah sesuai dengan syariah perbankan.

Saat ini, IDX juga telah mempunyai 57 perusahaan yang tergabung. Dan bagi para pelaku bisnis baru IDX juga menerapkan standarisasi pelayanan bagi anggota baru, yakni minimal 1 lod/setara dengan 500 saham yang mengikuti harga dasar masing-masing pergerakan nilai investasi.

Tak hanya itu, dalam waktu mendatang, tepatnya tanggal 22-24 Oktober 2011 IDX juga akan menggelar event yang beretema “Investor Summit and Capital Market” guna meningkatkan strategi yang tidak hanya membuat perusahaan bertahan. Namun, mampu membuat perusahaan tersebut memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat. JEY/LI-10

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty






code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty