x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Gubernur Made Mangku Pastika Klaim Keberhasilan Setahun Memimpin Bali

Selasa, 27 Desember 2011 17:24 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Gubernur Made Mangku Pastika Klaim Keberhasilan Setahun Memimpin Bali - - Gubernur Bali I Made Mangku Pastika

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mengklaim keberhasilan pembangunan setahun terakhir mulai pengentasan kemiskinan hingga meraih indeks kualitas lingkungan hidup nomor satu di Indonesia.

Saat menggelar refleksi akhir tahun di ruang presroom di kantor gubernuran, Pastika mengungkapkan sederetan prestasi yang telah dicapainya selama kurun 2011.

Baca juga: Puluhan rumah di Pulau Dewata rontok dihantam puting beliung dan Indonesia masih menjadi Negara tujuan wisata para traveller

Namun dia juga mengakui dibalik keberhasilannya itu, ada banyak pula yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan lagi hasilnya pada tahun 2012.

“Banyak hal menggembirakan sebaliknya ada beberapa yang mesti diperbaiki dan ditingkatkan lagi pada tahun mendatang,” kata Pastika, Selasa (27/12/2011).

Ia melanjutkan, sesuai visi yang diemban menuju Bali Mandara (mau, aman, damai dan sejahtera), maka dalam menjalankan pemerintahan dan mengimplemenastikan program pembangunan selalu bermuara pada visi tersebut.

Pastika membeber keberhasilan dicapai, yakni dari statistik angka kemiskinan menurun hingga 4,2 persen disusul angka pengangguran terbuka juga turun 2,4 persen.

Demikian pula, angka kematian per 100 ribu kelahiran menurun, juga angka kematian bayi mengalami penurunan.

Keberhasilan lain disinggungnya adalah program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) yang digulirkan sejak tahun 2009 telah terbentuk 200 unit dan tahun 2012 ditargetkan bertambah menjadi 150 unit.

Program Simantri kata dia, dinilai berhasil menggerakkan roda perekonomian daerah sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

“Yang membanggakan provinsi Bali berhasil menduduki juara I indeks kualitas lingkungan hidup padahal tahun lalu kita menduduki rangking ketiga,” paparnya didampingi Kabag Humas dan Protokol I Ketut Teneng.

Tak ingin terus membeber deretan keberhasilan pembangunan setahun kepemimpinannya, Pastika juga mengakui ada sejumlah kekurangan yang dihadapi dan mesti dibenahi.

Bagaimana persoalan lahan kritis yang kian meningkat, demikian juga problem menumpuknya sampah yang berpotensi mengganggu pembangunan kepariwisataan di Pulau Dewata.

Hal yang perlu dibenahi lagi ke depannya adalah bagaimana bisa mengurangi kemiskinan yang menyangkut kebutuan akan papan. Tahun ini tercatat ada sekitar 13 ribu rumah tidak layak huni di Bali.

Untuk itu pemerintah terus berupaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni lewat progam bedah rumah.  “Tahun ini bisa dibangun 3 ribu rumah layak huni dari APBD dan tahun depan kami tingkatkan bisa membangun 200 unit lagi,” katanya.

Semua program dilakukan tersebut tak lain sebagai bukti komitmen pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat kecil akan kebutuhan tempat tinggal. Pihaknya juga telah menggerakkan semua potensi seperti dari kalangan BUMN di Bali, agar lebih memberi perhatian kepada kebutuhan rumah tinggal yang layak bagi masyarakat miskin. rohmat/ LI-08




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty