x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Hari 'H' Tingga 6 Bulan, Jangan Sampai Kedodoran

Lurah dan Camat Jakbar Diminta Bantu Persiapkan Pilkada Gubernur DKI

Minggu, 08 Januari 2012 01:47 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Lurah dan Camat Jakbar Diminta Bantu Persiapkan Pilkada Gubernur DKI - Hari 'H' Tingga 6 Bulan, Jangan Sampai Kedodoran - Diharapkan mulai sekarang, Lurah dan Camat sudah punya gambaran dimana tempat pemungutan suara, pengadaan bilik suara (seperti ilustrasi ini), dan proses pendaftaran calon PPS dan PPK. *ist

Diharapkan mulai sekarang, Lurah dan Camat sudah punya gambaran dimana tempat pemungutan suara, pengadaan bilik suara (seperti ilustrasi ini), dan proses pendaftaran calon PPS dan PPK. *ist

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Mengingat,  pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2012, tinggal enam bulan lagi, kini para camat dan lurah se Jakarta Barat diminta membantu optimal menyiapkan di wilayahnya masing-masing. Seperti proses pendaftaran, pembentukan panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Diharapkan mulai sekarang, Lurah dan Camat sudah punya gambaran dimana tempat pemungutan suara, pengadaan bilik suara, dan proses pendaftaran calon PPS dan PPK. Camat harus siap dan dapat mengatur waktu kegiatan pemerintahan yang tidak berbenturan dengan proses pelaksanaan pilkada,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Barat, H Sukarno kepada LICOM, Sabtu (7/1/2012).

Baca juga: Polsek Tanjung Duren berhasil bekuk kurir ganja sebesar 34Kg dan Polsek Metro Kembangan buru pelaku perampas motor

Diingatkan kepada Camat dan lurah, untuk tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa pada saat pelaksanaan kampanye dan hari tenang. “Sebagai aparat pemerintahan, Lurah dan Camat harus independen dan netral,” katanya.  Tentunya, selama enjelang pelaksanaan Pemilukada, Juni mendatang.

Sosialisasi pembentukan PPS dan PPK akan diikuti para camat dan lurah se Jakarta Barat, dihadiri jajaran Kantor Kesatuan Bangsa & Politik (Kesbangpol) dan anggota KPUD Jakarta Barat.

Untuk PPS, lurah bekerjasama dengan LMK menerima pendaftaran dan memilih  6-9 orang calon anggota dari warga yang memenuhi syarat, sesuai ketentuan sampai 12 Januari. “Daftar nama-nama calon PPS ditandatangani lurah dan LMK untuk disampaikan ke KPUD Jakarta Barat,” jelas H Sjahrin Lumbantoruan, Ketua KPUD Jakarta Barat.

Selanjutnya, KPUD menetapkan tiga orang sebagai anggota PPS kelurahan. Untuk PPK 5 orang. Calon anggota PPK dapat langsung mendaftar ke kantor KPUD Jakarta Barat. ”Formulir ada di kantor kecamatan,” katanya.

Ada pun persyaratan dari calon anggota PPS dan PPK, antara lain WNI, berdomisili di kelurahan setempat, usia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SLTA dan sederajat, jujur, berdedikasi, berkelakuan baik dengan surat keterangan dari kepolisian. Serta, memiliki surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani dari Puskesmas.

Seleksi calon PPS dan PPK 14 Januari oleh KPUD Jakarta. ”Mereka yang terpilih akan dilantik pada 21 Januari, sekaligus mendapat bimbingan teknis di kantor wali kota Jakarta Barat,” jelasnya.

Berdasarkan UU no 15 tahun 2011, PPS kelurahan bertugas melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara. Namun berbeda dengan Pemilu 2009, rekapilutali penghitungan suara dilakukan di kecamatan. Diharapkan camat dan lurah benar-benar selektif dalam usulan pencalonan anggota PPS dan PPK. “Mereka yang tidak dapat dipercaya jangan diusulkan lagi, yang slebor jangan dipakai,” tukas Sjahrin. @kasiyanto




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty