x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Banyak Jalan Tol Terbentur Pembebasan Lahan

Jumat, 13 Januari 2012 18:38 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Banyak Jalan Tol Terbentur Pembebasan Lahan - - Pembebasan lahan menjadi kendala pembangunan Tol Cijago

Pembebasan lahan menjadi kendala pembangunan Tol Cijago

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA,COM. Pembebasan lahan menjadi masalah serius dalam pembangunan Jalan Tol Cijago Sesi I. Hingga Desember lalu, secara fisik Tol Cijago sebetulnya sudah rampung tapi belum bisa beroperasi, karena jalan tersebut masih ditutup warga. Tidak heran beberapa bulan lalu, spanduk mempertanyakaan masalah ganti untung tanah untuk Pembangunan jalan Cijago di Cisalak, Depok, Jawa Barat, terpampang jelas.

Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya, Bambang Hartanto, mengakui soal itu. Ia yakin jika masalah ganti rugi bias selesai lebih cepat, penyelesaian Jalan Tol Seksi I dan II pun akan lebih cepat, dari perhitungan sebelumnya.

Baca juga: Pemprov DKI terus ubek-ubek iklan, LED harus bayar 5-10kali billboard dan Menteri BUMN Terjebak Macet di Tol, Jasa Marga Akui Pelanggaran SOP

“Secara Keseluruhan, pembangunan jalan Tol Cijago yang di mulai sejak tahun 2005 diprediksi akan selesai pada 2013. Akan tetapi, jika masalah hambatan serupa muncul, bukan tak mungkin hitungan itu harus mundur pula,’’ ujarnya, Jumat, (13/1/2012)

Bambang menjelaskan, penyelesaian jalan tol Cijago jauh lebih baik dibandingkan pembangunan jalan Tol lainnya, seperti Jalan Tol Cinere-Serpong, Cimanggis-Cibitung, Depok-Antasari, Bogor-Sukabumi, dan Pandaan-Malang.

“Ruas jalan Tol Desari (Depok-Antasari) misalnya, siap dibangun April 2012 dan diharapkan bisa dibuka pada 2014. Namun biaya investasi harus membengkak dari semula RP 2,5 triliun menjadi RP 4,7 triliun. Padahal tarif ruas tersebut juga telah ditetapkan, RP 1.180 per km,’’ jelasnya.

Tidak hanya itu, pembangunan Tol Cinere-Serpong sepanjang 12,39 kilometer hingga kini juga belum jelas kemajuannya. Disebut, jalan tol itu akan menggusur sebuah universitas di jalan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kabupaten Tangerang yang baru berdiri.

Seperti diketahui, Tol Cinere-Serpong merupakan bagian JORR II yang menyambung ke Tol Cinere-Jagorawi atau Cimanggis, Cimanggis-Cibitung, Cibitung-Cilincing hingga Tanjung Priok. Sementara, Tol Serpong-Cinere (Depok) juga menembus ke Tol Serpong-Bandara sehingga arus lalu lintas tidak terfokus di Tol dalam kota Jakarta.

Sementara itu Tiga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) milik Grup Bakri (PT Bakri Brothers Tbk) telah menandatangani amandemen Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Ketiga BUJT masing-masing mengusahakan ruang bagi rencana Tol Pemalang-Batang, Pejagan-Pemalang, dan Cimanggis Cibitung.

Secara terpisah Direktur Utama PT CImanggis Cibitung Tollways, Ade D Erlangga, Menjelaskan, setelah kontrak PPJT diteken, perseroan, segera melakukan sosialisasi mengenai pembebasan lahan kepada masyarakat.

“Pembebasan lahan adalah kewenangan pemerintah. Kami berharap masalah ini bisa tuntas pada 2013 dan konstruksi selesai 2014,” harapnya.
.
Hingga saat ini, yang pasti rute jalan tol tersebut masih simpang siur. Misalnya terkait are perumahan kota Wisata. Sejak munculnya kabar pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung banyak warga perumahan Kota Wisata, galau dan bertanya-tanya, ‘akan kan jalan tol tersebut melewati perumahan ini?’

Disebut Tol cimanggis-Cibitung ini bakal melintang di sebelah selatan ke timur Jakarta luar, dimulai dari daerah Cimanggis melalui perumahan elit Cibubur, Mengiringi jalur pipa gas sepanjang jalan Serang-Setu sampai daerah into tol Cibitung. @esa




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty