x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Tak Lagi di Kantor Sudin KUMKMP

Hebat! Pengurusan TDP dan SIUP di Jaktim Hanya Butuh Waktu 5 Hari

Selasa, 07 Februari 2012 23:23 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Hebat! Pengurusan TDP dan SIUP di Jaktim Hanya Butuh Waktu 5 Hari - Tak Lagi di Kantor Sudin KUMKMP - Ist/Ilustrasi pengurusan SIUP

Ist/Ilustrasi pengurusan SIUP

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Sejak terbentuknya unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pengurusan Tanda Daftar Usaha (TDP) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sudah tidak dilakukan lagi di Kantor Sudin Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Timur. Namun, di unit PTSP Jakarta Timur inilah yang memproses dan menerbitkan TDP dan SIUP yang diajukan masyarakat.

Demikian yang di utarakan Kasudin KUMKMP Jakarta Timur Joko Kundaryo SH MM, di kantornya, Selasa (7/2/2012). “Rata-rata tiap harinya ada 40 berkas pembuatan TDP dan SIUP yang masuk ke loket PTSP. Tercatat, sejak mulai dioperasikan awal tahun 2012 ini, selama bulan Januari sudah ada 439 TDP dan 438 SIUP yang diproses di Unit PTSP Jakarta Timur yang terletak di Blok B2 Kantor Walikota Jakarta Timur. Saat ini kantor kami sudah tidak terima lagi tamu atau masyarakat yang ingin mengurus TDP dan SIUP. Kedua pelayanan tersebut sudah diserahkan ke loket Unit PTSP Jakarta Timur,” kata Joko.

Baca juga: Sudin Sosial Jaktim lakukan razia PMKS dan 15 ribu PNS Jaktim ditarget sumbang potong tunjangan Rp24 Miliar

Joko mengatakan, petugas dari Sudin KUMKMP yang ditempatkan di Unit PTSP tidak berada di loket pelayanan atau front office. “Sedangkan, staf kami hanya ditempatkan di back office. Mereka bertugas untuk menyeleksi kelengkapan dokumen yang masuk dan pelayanan teknis,” ujarnya.

Menurutnya, setelah persyaratan dokumen dinyatakan lengkap, petugas loket kemudian memberikan surat tanda terima kepada pemohon, untuk selanjutnya diproses. “Untuk pembuatan TDP dan SIUP, berdasarkan SOP proses pembuatannya memakan waktu 5 hari kerja. Namun, petugas kami saat ini bisa mempercepatnya jadi hanya 3 hari kerja saja, sejak berkas tersebut masuk dan dinyatakan lengkap dan benar,” tandasnya.

Ia menjelaskan, untuk retribusi, pembuatan TDP besarnya bervariasi, yakni untuk perorangan dan koperasi Rp 100 ribu, badan hukum CV sebesar Rp 250 ribu, PT sebesar Rp 500 ribu serta Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 1 juta. “Sementara, untuk pembuatan SIUP, untuk usaha mikro dan kecil tidak dipungut retribusi, usaha menengah Rp 100 ribu dan usaha besar Rp 250 ribu. Jumlah penarikan retribusi tersebut mengacu pada Perda No. 1 Tahun 2006 tentang retribusi daerah. Saat ini, Perda yang baru sedang dalam rancangan, rencananya untuk pembuatan TDP dan SIUP tidak akan dikenakan retribusi lagi,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain mendukung penuh pelayanan di unit PTSP Jakarta Timur, pihaknya juga terus membantu para pelaku usaha yang ingin memiliki SIUP melalui program One Day Service (ODS) yang diadakan di pasar-pasar tradisional.

Menurut Joko, pada kegiatan tersebut, petugas dari Sudin KUMKMP Jakarta Timur ditempatkan di pasar berdasarkan rekomendasi dari pihak PD Pasar Jaya. Pada tahun 2011 lalu, pihaknya menggelar lima kali ODS yaitu di Pasar Rawamangun, Pasar Induk Kramatjati, Pasar Ciracas, Pasar Cibubur dan Pasar Rakyat di lapangan Caprina Ciracas. Dalam lima kali kegiatan ODS tersebut, pihaknya sudah menerbitkan lebih dari 500 SIUP untuk usaha kecil dan mikro bagi para pedagang pasar tradisonal di Jakarta Timur. “Rencananya di tahun 2012 ini, kami akan menggelar 10 kali kegiatan One Day Service di pasar-pasar tradisional,” pungkasnya. *winarko




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty