x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Foke: Saya Tak Ingin Janji Kosong

Lewat Musrenbang, Gubernur DKI Minta Camat Tampung Aspirasi Masyarakat

Jumat, 17 Februari 2012 02:34 WIB (3 years yang lalu)Editor:
Lewat Musrenbang, Gubernur DKI Minta Camat Tampung Aspirasi Masyarakat - Foke: Saya Tak Ingin Janji Kosong - Ist/Gubernur DKI ketika Musrenbang

Ist/Gubernur DKI ketika Musrenbang

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Gubernur DKI Jakarta H Fauzi Bowo meminta para Camat agar cermat menganalisa aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui rembug RW, yang belum tertampung dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan.

“Diharapkan para Camat agar meneliti secara cermat usulan dari masyarakat paling bawah. Kita tidak ingin membiarkan aspirasi masyarakat itu sepenuhnya kosong tidak tertampung,” kata Gubernur Fauzi Bowo ketika pembukaan Musrenbang Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (16/2/2012).

Baca juga: Sejak awal pasca Lebaran, penyerbu liar Jakarta dirazia dan Ahok: Bangunan Pasar Senen mudah terbakar, asuransi menolak

“Kami mengharapkan camat benar-benar selektif dalam memilah-milah aspirasi masyarakat yang bermanfaat untuk kepentingan orang banyak, agar bisa ditampung untuk usulan yang dibawa Musrenbang tingkat kota hingga provinsi. Mekanisme pagu berjenjang itu agar dapat dipakai dengan baik,” imbuhnya.

Gubernur mengatakan, untuk tahun 2012 terdapat penyempurnaan dalam penyelenggaraan perencanaan, yakni adanya pagu Musrenbang untuk tiap jenjang musyawarah, mulai dari RW, kelurahan, kecamatan, kota hingga tingkat provinsi.

“Pagu tersebut untuk menjamin agar sebagian besar aspirasi masyarakat bisa terwujud. Saya tidak ingin ada janji kosong. Tak ada lagi janji palsu. Tak ada dusta diantara kita,” ujarnya.

Ketika ditanya masalah banjir di wilayah DKI, Gubernur mengatakan, dengan kerja keras seluruh komponen dan elemen masyarakat yang peduli terhadap masalah banjir, durasinya dipastikan menjadi lebih cepat surut. “Kalau sebelumnya terjadi genangan air lebih lama sekarang hanya dalam beberapa jam genangan air sudah bisa mengalir ke laut,” tegasnya.

Namun demikian, Fauzi Bowo mengaku kecewa dengan pendanaan pengerukan sungai. Pasalnya, ada sungai yang menjadi kewenangan Pemprov DKI dan ada pula kewenangan pemerintah pusat, yang tidak dilakukan secara integrasi.

Menurutnya, untuk pengerukan sungai seharusnya terintegrasi mulai dari hilir sampai hulu. “Kalau hanya di tengah saja, misalnya karena menjadi kewenangan Pemda dan yang dipinggir tidak secara bersamaan maka air tidak akan cepat mengalir ke laut. Perlu ada penyediaan dana yang terintegrasi antara Pemda dan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sedangkan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemprov DKI memprogramkan pada 2013-2015 agar setiap Puskesmas Kecamatan di DKI memiliki fasilitas/ruang rawat inap pasien dengan biaya yang terjangkau oleh masyarakat.

Sementara, Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin menambahkan, sesuai UU No.25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan, ada perencanaan mulai dari bawah dan perencanaan dari atas.

Dikatakan, yang mengetahui masalah Jakarta adalah orang Jakarta. Sehingga, dapat membuat perencanaan yang sesuai kebutuhan masyarakat Jakarta. Untuk itu, ia berharap, agar perencanaan pembangunan yang dibahas dalam Musrenbang dapat menghasilkan pembangunan yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Musrenbang Kecamatan Grogol Petamburan diikuti para Ketua RW, LMK, Ormas dan Karang Taruna. Dalam Rembuk RW di 73 RW se Kecamatan Grogol Petamburan telah ditampung 550 usulan, sebanyak 300 usulan di antaranya dibawa ke Musrenbang tingkat kelurahan. Sedangkan, dari tingkat kelurahan yang dibahas dalam Musrenbang tingkat kecamatan sebanyak 250 usulan. *kasiyanto

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty