x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Kawasan Sumatera dan Selatan Jawa Cenderung Bersuhu Dingin

2012, BMKG Prediksi Musim Kemarau di Indonesia Tepat Waktu

Kamis, 23 Februari 2012 21:17 WIB (2 years yang lalu)Editor:
2012, BMKG Prediksi Musim Kemarau di Indonesia Tepat Waktu - Kawasan Sumatera dan Selatan Jawa Cenderung Bersuhu Dingin - Ist/Ilustrasi musim kemarau

Ist/Ilustrasi musim kemarau

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Musim kemarau di Indonesia diperkirakan tepat waktu. Hal itu berdasarkan perhitungan statistik serta pertimbangan prediksi dinamika atmosfer serta gerakan laut, meliputi La Nina, Dipole Mode dan suhu permukaanya.

Cuaca itu akan berlangsung selama Januari 2012. Juga memberikan indikasi bahwa peluang musim kemarau lebih awal. Ini terjadi di seluruh Indonesia secara mayoritas.

Baca juga: Pertemuan para Menteri Lingkungan Hidup se-ASEAN soal pencemaran asap dan Longsor di Jombang akibat akumulasi hujan yang kontinyu

Namun, untuk beberapa bagian musim kemarau akan mengalami mundur, meski tidak terpaut jauh dengan yang lebih awal dan dan sifat hujan umumnya normal (N) dan Atas Normal (AN). Demikian dikatakan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dr Ir Sri Woro B Harijono MSc dalam jumpa, Kamis (23/2/2012) di Kantor BMKG Jl Angkasa I No. 2 Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, Sri Woro yang didampingi Deputi Bidang Klimatologi Dr Widada Sulistya, Deputi Metrologi Tuamin Mulyono dan Kepala Pusat Iklim dan Kualitas Udara MS Nurhayati mengatakan, bahwa yang dinamakan kemarau bukan berarti tidak ada hujan. Demikian pula sebaliknya. “Musim kemarau itu bukan berarti gak ada hujan sama sekali. Namun, hujan tetap ada dan sifatnya tidak deras serta volumenya juga jarang,” terangnya.

Indonesia, hingga akhir Januari berada pada suhu permukaan laut yang normal. Berada dalam kondisi netral dengan anomali suhu rata-rata 0,3 hingga +0.3 derajat celcius dan berlaku untuk wilayah di Indonesia secara menyeluruh. Kecuali lautan di wilayah utara bagian Indonesia, seperti utara Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Suhu di wilayah tersebut terasa relatif hangat. Dengan anomali suhu berkisar antara + 0.6 sampai + 1.2 derajat celcius.

Kondisi itu dipastikan tidak belangsung lama dan diperkirakan hingga Maret 2012. Sementara, untuk wilayah barat Sumatera dan selatan Jawa cenderung dingin. Dengan suhu berkisar antara -0,25 sampai dengan -1 derajat celcius. Kondisi itu berlangsung kurang lebih tiga bulan, yakni, mulai Februari sampai April 2012. Setelah itu kondisi tetap normal dengan rata-rata suhu -0,5 hingga -0,5 derajat celcius. “Jadi tahun 2012 ini suhu di Indonesia relatif normal dan cuaca cukup baik,” tegas Sri Woro. *ichsan




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty