Asyiknya Ber-Sepeda Gunung Di Puncak

LENSAINDONESIA.COM : Sebagian warga Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor mungkin tidak heran lagi setiap hari libur tiba, melihat segerombolan orang membawa sepeda menuju puncak. Namun, untuk kalangan bikers mania masih ada juga yang tidak tahu dimana mereka biasa gowes sampai ngacir.

Gerardus Hernowo Mahendra yang biasa menjadi guide bagi yang ingin bersepeda dikawasan Puncak, mengatakan, akan berupaya agar puncak bisa menjadi kawasan yang dicintai oleh para penggila sepeda gunung itu. “Puncak ini mempuyai jalur untuk bersepeda yang sangat natural. Tidak hanya turis local saja yang sering menjajal kawasan ini, turis asing pun sering mengasah skill mereka dalam bersepada disini,” kata Mahendra yang juga hobi bersepeda, kepada LIcom, beberapa waktu lalu.

Mahendra menambahkan, sejak tahun 2002 hingga sekarang setiap bulannya memiliki peningkatan yang signifikan. Tahun ini saja setiap bulannya yang bersepeda mencapai 3000 orang.

“Ini membuktikan bahwa antusiasme terhadap sepeda begitu tinggi. Terutama yang ingin bersepeda dikawasan puncak. Tidak hanya dari Jakarta saja tapi, penduduk lokal pun sudah ada yang mengikuti,” ujarnya. Jenis sepeda yang biasa digunakan, lanjut Mahendra, yakni jenis cross country atau sepeda gunung. Karena, track disini kebanyakan menuruni bukit, jumlahnya pun saat ini hampir ada di setiap wilayah di Kecematan Cisarua.

Menurut dia, awalnya hanya ada dua jalur, Kebun Teh Gunung Mas dan Kebun Teh Ciliwung, sekarang ada sampai 20 jalur. ‘’Setiap jalur memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, ada juga jalur yang berkesinambungan,” paparnya.

Mahendra berharap, Kawasan ini dapat menjadi kawasan bersepeda, dan Akan menjadi tren bagi turis lokal serta asing untuk mengisi liburannya.”Mengubah puncak menjadi kawasan wisata sepeda gunung, Sasarannya untuk semua orang yang senang bersepeda. Agar peduli dengan sepeda dan lingkungan,” pungkasnya. umar