x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Siswa Pusdikkes Latihkan Evakuasi Korban Pertempuran

Senin, 16 April 2012 16:30 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Siswa Pusdikkes Latihkan Evakuasi Korban Pertempuran - - Pelatihan ketrampilan menangani korban

Pelatihan ketrampilan menangani korban

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 163 siswa Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pengembangan dan Pendidikana Angkatan Laut (Kobangdikal) melaksanakan latihan dan praktek evakuasi korban pertempuran laut, Senin (16/4/2012).

Latek yang dibuka Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum) Kobangdikal Kolonel Laut (T) M. Simbolon, S.Pi di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Surabaya ini, melibatkan lima  jurusan kesehatan dilingkungan Pusdikkes.

Baca juga: Asops Panglima TNI tinjau GPOI Capstone libatkan 21 negara dan TNI dan AB Thailand waspadai aksi teror dan penyelundupan senjata

Mereka adalah 12 siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Kesehatan (Diktukpakes) Angkatan ke-41, 95 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan ke-31,  17 siswa Asisten Para Medis (APM) Angkatan 31, 18 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Kesehatan (Diktukbakes) Angkatan ke-41, 42 siswa Pendidikan Kesehatan Tamtama (Dikkesta) PK Sekesal Jakarta dan  6 siswa Dikkesta Farmasi Sekesal Surabaya.
Usai dibuka Dankodikdukum, peserta latek tersebut melanjutkan latihan di Pusat Latihan Penyelamatan Kapal, Nuklir, Biologi dan Kimia (Puspeknubika) Kobangdikal yang terletak di pintu air Bozem Morokrembangan.

Menurut Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) I.G.K Asmarabawa, S.Km, M.M, di Puspeknubika, para siswa akan mendapatkan berbagai problem mulai problem pangkalan seperti penanganan luka tusuk dan robek, kemudian saat pergeseran pasukan berupa korban cidera kepala berat, cidera open fracture os femur sinistra 1/3 distal dan korban luka kaki ringan.

Kemudian, problem akan ditingkatkan pada saat lintas laut dengan menggunakan kapal, mereka mendapatkan problem untuk mengatasi  korban luka bakar derajat 1 dan korban luka bakar derajat tiga.
Pada latihan tahap akhir di Puspeknubika, lanjutnya, para siswa akan dihadapkan pada problem penanganan korban nyaris tenggelam kondisi kritis, evakuasi korban tenggelam di laut kondisi kritis  dan peran peninggalan kapal tenggelam.

“Dari latihan ini diharapkan, siswa korps kesehatan yang tengah digembleng di Pusdikkes, memiliki pengalaman sekaligus terampil dalam melakukan evakuasi korban pertempuran baik dipangkalan maupun saat melakukan lintas laut,” terang kolonel asli pulau dewata, Bali  ini.

Sementara itu Komandan Kodikdukum mengatakan bahwa Latek kesehatan lapangan yang dilaksanakan secara bersama selama tiga hari ini, bertujuan memberikan keterampilan perorangan dan kelompok dalam menerapkan materi pelajaran kesehatan lapangan yang berhubungan dengan kesehatan pada operasi amfibi.
Menurutnya, sebelum latek ini digelar, para siswa telah dibekali berbagai materi latihan penataran pelaku dan gladi posko baik berupa dinamika latihan maupun secara simulasi penanganan kesehatan lapangan yang dimainkan dalam technical floor game (TFG).

Dankodikdukum berharap, saat manuver lapangan nanti, para siswa sudah memahami tugas, fungsi dan tanggungjawab masing-masing dalam unsur kesehatan lapangan, termasuk didalamnya evakuasi korban pertempuran.

Dengan mempertajam keterampilan evakuasi korban baik perorangan maupun kelompok ini, lanjutnya,  diharapkan korban pertempuran dapat terselamatkan jiwanya. dispnartm

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty