x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Sosialisi Pembagian Dana Parpol di Kota Bogor

Kamis, 26 April 2012 16:07 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Sosialisi Pembagian Dana Parpol di Kota Bogor - - Foto ilustrasi

Foto ilustrasi

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM : Pihak Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor menggelar kegiatan sosialisasi dua peraturan terkait dana bantuan untuk Partai Politik (Parpol) di Gedung Pertemuan Harmony Taman Yasmin, Jalan KHR Abdullah Bin Nuh nomor 39, Kota Bogor, Kamis (26/4/2012).

Kedua peraturan tersebut, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) nmor 5 tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Parpol dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 24 tahun 2009 tentang Pedoman Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Pengajuan dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Parpol.

Baca juga: Ratusan Warga Kota Bogor Keluhkan Proses e-KTP yang Terkesan Asal-asalan dan Warga Tak Ada Rasa Memiliki, Pedestrian Nyi Raja Kota Bogor Rusak

Sosialisasi diikuti oleh sekitar 100 pengurus Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang (DPD-DPC) Parpol yang memiliki perwakilan atau kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor. Sosialisasi juga diikuti oleh Dinas/Instansi yang menjadi Tim Pemeriksa Administrasi Bantuan Keuangan kepada Parpol.

“Saya berharap kita bisa membangun suatu pemahaman yang sama tentang seluruh ketentuan hukum yang telah diberlakukan dan mengatur perihal bantuan keuangan kepada parpol,” sambutan Walikota Bogor Diani Budiarto secara tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bogor Bambang Gunawan ketika membuka acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Politik Kantor Kesbangpol Kota Bogor Rustandi mengatakan, acara ini guna memberikan penjelasan kepada Pengurus DPD/DPC Parpol yang memiliki perwakilan/kursi di DPRD Kota Bogor hasil pemilu legislatif tahun 2009. “Yaitu tentang bagaimana mengelola dan mempertanggungjawabkan bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Bogor yang berasal dari APBD Kota Bogor,” ungkapnya.

Rustandi juga menjelaskan sosialisasi juga dilakukan agar pengurus parpol dapat memperoleh informasi yang akurat dan terkini terkait bantuan keuangan kepada parpol.  Dari sosialisasi tersebut diharapkan tercapainya tertib administrasi pengelolaan bantuan keuangan pada masing-masing parpol yang menerima bantuan keuangan.
Seperti diketahui, melalui PP No. 5 Tahun 2009 pemerintah telah melakukan koreksi terhadap tatacara penyaluran bantuan keuangan kepada parpol. Termasuk mengkoreksi basis perhitungan yang dipergunakan di dalam menentukan besaran dana bantuan yang dapat diserahkan pada masing-masing parpol.

Berdasarkan peraturan yang lama, besarnya dana yang diterima setiap parpol dihitung berdasarkan jumlah kursi DPRD yang dikuasai oleh masing-masing parpol. Namun berdasarkan PP No. 5 tahun 2009, basisi perhitungan tersebut diubah. Sehingga jumlah dana yang disalurkan ke parpol dihitung berdasarkan jumlah suara yang berhasil diraih sebutah parpol.

Dengan demikian,  ketentuan tersebut berpengaruh pada besaran dana yang diterima setiap parpol. Tiap parpol bisa mendapat penambahan, ataupun pengurangan, tergantung dari jumlah suara yang diperoleh parpol tersebut pada pemilu. umar




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty