x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Dindik DKI Usut Laporan Dugaan Penyimpangan

Aliran Dana BOS dan BOP SDN Cipnang Besar Utara 06 Tak Transparan

Rabu, 16 Mei 2012 08:32 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Aliran Dana BOS dan BOP SDN Cipnang Besar Utara 06 Tak Transparan - Dindik DKI Usut Laporan Dugaan Penyimpangan - Siswa Sekolah Dasar-Ilustrasi

Siswa Sekolah Dasar-Ilustrasi

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) di SDN Cipinang Besar Utara 06 Petang, Jatinegara Jakarta Timur dipertanyakan.

Sikap tidak transparan Kepala Sekolah serta laporan pertanggungjawabaan (LPj) yang diduga banyak dimanipulasi, membuat sejumlah wali murid mencurigai dana untuk penunjang pendidikan dan membantu siswa tidak mempu itu tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Satpol PP kreatif ikut atasi kemacetan Jakarta Timur dan Pemkot Jaktim gelar Festival Jalan Balai Pustaka

Kepala sekolah seharusnya bertindak transparan untuk menyebutkan keluar masuknya dana BOS maupun BOP dan digunakan untuk apa saja, sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya,” ujar salah satu sumber di lingkungan SDN Cipinang Besar Utara 06 Petang, Jatinegara Jakarta Timur menggerutu kepada Licom, Rabu (15/5/2012).

Ia juga mengatakan, para orangtua murid mulai curiga jangan-jangan dana BOS dan BOP yang diterima sekolah itu, hanya 40 persen saja yang digunakan untuk kegiatan sekolah, selebihnya dana tersebut tidak jelas penggunaannya. “Laporan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) banyak yang dimanipulasi, seperti membuat laporan fiktif, barang yang dibeli tidak ada wujudnya dan pembengkakan jumlah barang setelah dimasukan dalam faktur pembelanjaan serta rangkap kwitansi pembelanjaan,” ungkap sumber yang tak ingin namanya dipublikasikan itu.

Menanggapi tudingan itu, kepala sekolah SDN Cipinang Besar Utara 06 Petang periode 2009-2011 Kartijan membantah keras. Ia menyatakan penggunaan dana BOS dan BOP di SDN Cipinang Besar Utara 06, periode 2009 hingga 2011 saat itu telah sesuai dengan aturan.

“Kalau ada informasi penggunaan dan BOS dan BOP tidak transparan, itu sama sekali tidak benar. Kami telah menggunakannya sesuai aturan dan telah diperiksa oleh Kasi Kecamatan, Sudin Dikdas dan Inspektorat, dan dari mana tahunya narasumber tersebut tentang masalah SPJ disekolah kami,”tegas Kartijan yang kini telah dimutasi sebagai Kepala Sekolah SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi itu.

Diketahui, sepanjang periode 2009-2011 SDN Cipinang Besar Utara 06 dikepala sekolahi oleh Kartijan. Namun, yang bersangkutan kini telah di mutasi ke SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi, Jatinegara, sejak awal Februari lalu.

Sementara itu Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Suradika mengatakan, pihaknya akan mengecek dulu kebenarannya dugaan penelewengan dana BOS dan BOP itu. Jika ditemui kebenarannya, kata Agus, maka oknum kepala sekolah tersebut akan diberikan sanksi tegas. “Kita akan cross cek dulu kebenaranya dan akan kita panggil kepala sekolahnya, jika benar dan terbukti akan diberikan sanksi tegas,” katanya kepada Licom.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Sekolah Dasar (PSD) Sudin Dikdas Jakarta Timur Mangatur Sinaga berjanji pihaknya akan mengusut dugaan kasus tersebut. Menurut Mangatur, Pihaknya tidak membenarkan segala bentuk penyelewengan dana bantuan sekolah, “Kita akan usut dan cari buktinya dulu, jika ditemukan bukti akan kita tindak tegas oknum kepala tersebut tanpa kompromi,” tegasnya.*winarko




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty