x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Kerjasama BNP2TKI Dengan AAI untuk Kontrol

Perusahaan Asuransi Jangan Main-main Dengan Klaim TKI

Sabtu, 02 Juni 2012 23:40 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Perusahaan Asuransi Jangan Main-main Dengan Klaim TKI - Kerjasama BNP2TKI Dengan AAI untuk Kontrol - Ilustrasi.

Ilustrasi.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Kerjasama penanganan klaim asuransi di gedung Balai Pelayanan Kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (BPK-TKI), dilakukan oleh Deputi Perlindungan BNP2TKI, Lisna Y Poeloengan dan dari AAI, Humprey Djemat.

Sejumlah pejabat BNP2TKI dari eselon 2 dan 3 turut mendampingi Kepala BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia). Hadir juga Kepala BPKTKI Selapajang Aminudin dan Kepala BP3TKI (Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Serang, Sumardik.

Baca juga: Kasus Satinah ciutkan nyali para perempuan di desanya jadi TKI dan Formigran: Pemerintah bayarlah diyat Satinah dari dana TKI misterius

Kehadiran mereka memaksimalkan perlindungan TKI di bidang asuransi keselamatan sebagai tenaga kerja yang bekerja di negeri lain.

Pernyataan itu disampaikan Kepala BNP2TKI, Moh Jumhur Hidayat ketika menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pendampingan Klaim Asuransi TKI antara BNP2TKI dengan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) di Gedung Balai Pelayanan Kepulangan TKI (BPKTKI) Selapajang, Tangerang, Banten.

“Peran pegawai BNP2TKI sangatlah dibutuhkan menangani kemaslahatan TKI, terutama mengajak lembaga terkait seperti AAI untuk membantu meringankan ribuan kasus asuransi TKI, “terangnya.

Pemerintah bukanlah superhero,lanjutnya melainkan kewajiban yang sudah menjadi tanggung jawab melindungi serta memperjuangkan ketika TKI dilanda berbagai permasalahan.

“Banyak kasus-kasus TKI termasuk soal asuransi yang dibawa oleh LSM/Serikat Buruh Migran. Untuk itu, upaya
aparat BNP2TKI sangat terbatas dan tidak berada di pelosok-pelosok desa, ” jelas Jumhur.

Mantan aktivis ITB ini mengakui pemerintah bersyukur dengan adanya kerjasama antara LSM dan Serikat Buruh Migran.

Menurut Jumhur, selama ini banyak asurasi yang mengemplang untuk membayar asuransi TKI. Bahkan ada asuransi yang menolak membayar klaim dengan alasan perusahaannya tidak tercatat sebagai pembayar klaim asuransi TKI.

Kalaupun ada klaim yang diajukan petugas BNP2TKI pihak asuransi selalu mengulur-ulur waktu untuk membayar asuransi TKI, sebutnya. “Jika ada kasus asuransi terkait dengan aspek hukum nantinya pengacara AAI bisa put the file ke ke pengadilan,”tegasnya.

Ia mengingatkan agar perusahaan asuransi jangan main-main dengan klaim asuransi TKI. Untuk itu, kerjasama BNP2TKI bersama AAI ini menjadi pembelajaran bagi perusahaan asuransi yang melanggar akan diberi sanksi sesuai pelanggaran yang dibuat.

“Sebagai advokat pejuang, AAI diharapkan bisa memperjuangkan klaim asuransi TKI secara maksimal,” harap Jumhur. Maka dengan adanya kerjasama kedua instansi terkait secara professional, diharapkan kasus-kasus asuransi TKI bisa tertangani dengan baik dalam pelaksanaannya, “pungkasnya. @Jey




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty