x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Berjibaku Menggalang Massa

Cabup Independen Tulungagung Belum Kembalikan Formulir Dukungan

Minggu, 10 Juni 2012 01:58 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Cabup Independen Tulungagung Belum Kembalikan Formulir Dukungan - Berjibaku Menggalang Massa - Pilkada Tulungagung

Pilkada Tulungagung

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Tiga calon Bupati Tulungagung jalut independen siap maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada), setalah mengambil formulir dukungan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)setempat.

Tiga bakal cabup yang berniat maju dari jalur independen tersebut adalah Bangun Hermanto (mantan Kadispenduk Capil/Kadisdik Tulungagung), Sukriston (mantan Pejabat Dinas Kehutanan dan Perkebunan), serta Subani (pengusaha).

Baca juga: Ratusan imigaran gelap ditangkap di Pantai Brumbun Tulungagung dan Keluarga yakin Sapari tak terlibat jaringan terorisme

“Kami mendapat kepastian rencana mereka untuk maju saat masing-masing mengambil lembar formulir dukungan ke KPU,” kata Sekretaris KPU Tulungagung, Mohammad Mafakir, di Tulungagung, Minggu.

Bangun dan Subani telah mengambil formulir dukungan ke KPU setempat sejak awal 2012, sedangkan Sukriston baru melakukan sekitar dua bulanan terakhir.

Di antara ketiga bacabup independen tersebut, belum satupun yang mengembalikan lembar bukti dukungan atas pencalonan masing-masing ke KPU setempat.

Informasinya, mereka sampai saat ini masih terus bergerilya mencari dukungan dari basis pemilih masing-masing.

Ketua KPUD Tulungagung Suyitno Arman mengatakan, angka resmi yang menjadi patokan jumlah minimal dukungan pencalonan bagi bacabup dari jalur independen belum ditentukan.

Namun, ia memberikan gambaran bahwa setiap cabup dari jalur independen haruslah mendapat dukungan minimal tiga persen dari total jumlah penduduk di Tulungagung.

“Kalau mengacu jumlah penduduk yang tercatat di dinas kependudukan dan catatan sipil tahun 2011 yang mencapai 1.150.000-an orang, maka jumlah dukungan yang harus dikumpulkan dari warga Tulungagung yang memiliki hak pilih sekitar 33 ribuan pemilih,” terang Arman.

Ia menambahkan, dukungan yang dikumpulkan setiap calon independen harus tersebar minimal di 50 persen dari total jumlah kecamatan yang ada di Tulungagung.

“Tidak boleh dukungan terkonsentrasi di satu atau beberapa kecamatan saja. Pemilik hak suara juga tidak diperkenankan membubuhkan tanda tangan dan menyertakan salinan KTP tanda dukungan pada lebih dari satu calon. Jika itu ditemukan, otomatis dukungan mereka kami anggap gugur (dicoret),” imbuhnya.

Arman mengatakan, kepastian jumlah minimal dukungan pencalonan bagi bacabup independen akan ditentukan setelah ada penyerahan data kependudukan terakhir serta daftar calon pemilih (DP4) dari Dispendukcapil Tulungagung.

Pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung rencananya akan dibuka awal September mendatang, bersamaan dengan pendaftaran cabup dari jalur partai politik.

Sebelum tahapan itu, KPU terlebih dahulu akan melakukan verifikasi atas seluruh lembar bukti dukungan bagi para calon bupati independen yang telah mengembalikan formulir.*aka




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty