x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


PPDB di Jombang Sepi Peminat

Jurusan Tak Menarik, Peminat Sekolah SMKN di Jombang Menurun

Selasa, 03 Juli 2012 01:47 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Jurusan Tak Menarik, Peminat Sekolah SMKN di Jombang Menurun - PPDB di Jombang Sepi Peminat - Ilustrasi.

Ilustrasi.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Dalam kelulusan sekolah biasanya dibanjiri siswa baru dalam meneruskan jenjang pendidikan yang diminati berikutnya. Di kabupaten Jombang, ada beberapa sekolah yang kekurangan siswa didik pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal ini menjadi perhatian khusus kenapa ini bisa terjadi.

Beberapa sekolah itu diantaranya, SMKN 2 Jombang, SMKN Wonosalam, SMPN 1 Plandaan, SMPN Ngusikan, serta SMPN 2 Wonosalam. Lembaga didik ini mempunyai spesifikasi keahlian khusus namun kurang peminatnya.

Baca juga: Longsor Jombang, lima meninggal, puluhan tertimbun dan Jombang lebih percaya diri gaet investor lebih banyak tahun depan

Sukristiono Siwi, Kabid Pendidikan Menengah, mengatakan, siswa mempunyai keinginan dalam memilih jenjang pendidikan berikutnya sesuai dengan bakatnya. Karena jurusan yang ada sesuai dengan minat atas keputusan siswa dalam memilih sekolah.

“Mungkin jurusan-jurusan tersebut tidak lagi diminati,” ujar Kabid Pendidikan Menengah, Sukristiono Siwi, Senin (2/7/2012).

Tiga jurusan yang ada di SMKN 2 Jombang sebagai contohnya, masih sedikit peminat siswanya. Diantara yakni jurusan tata busana, tata kecantikan rambut dan tata kecantikan kulit. Hanya 18 siswa siswa yang terdaftar di jurusan tata kecantikan kulit, sebagaimana terdapat 80 pagu yang sudah ditetapkan. Artinya ada kekurangan 62 siswa. Jurusan yang lain juga masalahnya sama.

Hal serupa juga dialami SMKN Wonosalam, yang membuka program agrobisnis dan perkebunan kekurangan siswa. Hal tersebut akan di konsultasikan dengan pihak pengawas.

Penanggungjawab PPDB Dinas Pendidikan Jombang, Julaeni, mengatakan bahwa dalam kondisi semacam ini sekolah tersebut akan diberikan ijin untuk melakukan pendaftaran tahap kedua dengan seijin Plh Kepala Dinas Pendidikan. Kesempatan tersebut dibuka selama tiga hari, yakni hingga 4 Juli 2012 mendatang. Ini menjadi bentuk perhatian pada lembaga pendidikan di Jombang.

Untuk SMPN 1 Plandaan, SMPN Ngusikan, serta SMPN 2 Wonosalam juga sama, akan diberikan ijin pendaftaran tahap II.@yuanto

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty