x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Meningkatkan Semangat, Minat dan Prestasi Siswa dalam Belajar

Software Animasi Matematika

Jumat, 06 Juli 2012 17:34 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Software Animasi Matematika - Meningkatkan Semangat, Minat dan Prestasi Siswa dalam Belajar Matematika -

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Gabungan teknologi komunikasi dan pendidikan kali ini melahirkan terobosan dalam bentuk software “Animasi Matematika”. Software ini bertujuan untukmendorong semangat, meningkatkan minat serta menghasilkan prestasi siswadalam mata pelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan.

Animasi Matematika mengkombinasikan pendekatan model pembelajaran yang berfokus kepada siswa (student centered) dalam lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment) yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information).

Baca juga: Majukan pendidikan bangsa, Indonesia perlu pemimpin kuat dan Gerindra mengutuk keras kasus pelecehan terhadap siswa JIS

Animasi Matematika kini telah menampung lebih dari ribuan contoh soal berikut pembahasannya sebagai referensi siswa, sehingga dapat mendorong kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu penguasaan materi. Tidak hanya itu, software ini juga mampu melakukan penilaian (scoring) atas hasil kerja siswa, sehingga guru dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan siswa secara berkesinambungan.

“Selama lebih dari 30 tahun mengajar dan 15 tahun terakhir menyusun program ini, saya telah banyak menyaksikan tantangan dalam proses belajar-mengajar matematika, baik terhadap siswa, guru bahkan orang tua. Seringkali permasalahan yang dihadapi adalah pada semangat dan minat belajar siswa dan pendekatan yang diambil guru dan orang tua,” ungkap Suwato Komala, seorang Dosen yang membuat Animasi Matematika.

“Oleh karena itu, Animasi Matematika mensinergikan media dalam bentuk teks, gambar, animasi, grafik, narasi yang membangun interaktivitas dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang seru dan menyenangkan,” tambah Suwato, yang kini akan memperkenalkan Animasi Matematika kepada masyarakat luas.

Animasi Matematika ini tersedia bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, sampai SMK (Akuntansi/Pariwisata/Teknologi) yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Layaknya software yang banyak tersedia, software ini akan diupdate secara berkala, terutama memberikan free update soal-soal UN (Ujian Nasional) beberapa tahun terakhir dan yang terbaru serta menyajikan pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.

Sementara itu, Manajer Distribusi PT.Sentral Tekno Selaras mengatakan, sebagai hasil karya anak bangsa untuk meningkatkan pendidikan siswa Indonesia secara nasional, maka Animasi Matematika akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia.

“Sebelum ini Animasi Matematika hanya tersedia bagi kalangan terbatas melalui sekolah-sekolah tertentu. Kami percaya bahwa program ini patut didistribusikan secara nasional karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi generasi muda Indonesia, khususnya di daerah yang kekurangan guru,” tambah Busman.

Software ini telah digunakan di ratusan sekolah unggulan, antara lain SMA Labschool, SMAK Penabur, SMAN 8, MAN 4 Model Jakarta, SMA Gonzaga, SMA St. Theresia, SMA Al-Azhar 1, SMA Muhammadiyah 3, SMPN 1, SMP Labschool, SMP Marsudirini, SMP Al-Azhar Rawamangun, SMP Muhammadiyah 22 dan masih banyak lagi. Animasi Matematika kini akan didistribusikan secara menggunakan jaringan rekanan PT. Sentral Tekno Selaras (Sentral Komputer) ke seluruh provinsi di Indonesia.@Agus/Noviar

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty



Editor: +Catur Prasetya

Menamatkan pendidikan S1 Sastra Inggris Universitas Dr. Soetomo, redaktur yang juga penghobi berat bulutangkis…

Facebook Twitter Google+ Index Berita 



code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty