x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Untuk Pengaruhi Calon Pemilih

Banyak Lembaga Survey Pesanan Parpol Jelang Pemilu

Sabtu, 07 Juli 2012 15:42 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Banyak Lembaga Survey Pesanan Parpol Jelang Pemilu - Untuk Pengaruhi Calon Pemilih - Saat pemilu seperti ini banyak lembaga suvey mendadak muncul

Saat pemilu seperti ini banyak lembaga suvey mendadak muncul

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Keberadaan lembaga survey yang mempunyai tugas pencitraan dan menaikkan nilai elektabilitas sosok kandidat tertentu selalu muncul dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Dimana sasaran dari efek pencitraan dari hasil poling tersebut diarahkan kepada para pemilih yang belum memiliki pilihannya dalam pemilu.

Pengamat politik, Yunarto Wijaya, mengatakan meski sulit membuktikan lembaga survey mana saja yang bertugas dalam misi menaikkan elektabilitas terhadap kandidat calon dalam pelaksanaan pemilu, keberadaan lembaga survey seperti itu diyakini tetap ada dan mengambil peran dalam setiap tahapan menjelang dan sesudah pelaksanaan pemilu.

Baca juga: DPD RI sahkan pandangan atas 11 calon Daerah Otonom Baru dan Jokowi menjadi sosok sentral di proses Pemilu

” Sulit dibuktikan secara ilmiah tetapi yang jelas kalau kita memperhatikan dari berbagai hasil survey yang ada, pengalaman pilkada sebelumnya dan bahkan pada pemilu 2009 lalu ada lembaga -lembaga survey yang memang bertugas menggiring opini publik dengan memainkan isu untuk menaikkan popularitas kandidat tertentu,” katanya di Cafe Warung Daun, Jakarta, Sabtu (7/7/2012).

Yunarto menambahkan tidak semua lembaga survey adalah lembaga survey pesanan. Karenanya, hasil survey yang dirilis oleh setiap lembaga survey perlu dimintai pertanggungjawabannya berupa transparansi data target pemilih. Di samping secara metodologis pembuktian validitas data hasil survey. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk etika dalam berpolitik.

“Lembaga survey yang baik adalah lembaga survey sudah berani merilis hasil surveynya sekaligus memberikan data transparansi terhadap siapa yang telah dilibatkan untuk menjadi pemilih,” pungkasnya.@suci astuti

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty