x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Koreksi Sistem Kerja Pertamina

Gawat! Pelanggaran Sistem Kerja Mulai “Gerogoti” BUMN

Selasa, 17 Juli 2012 22:40 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Gawat! Pelanggaran Sistem Kerja Mulai “Gerogoti” BUMN - Koreksi Sistem Kerja Pertamina - Logo Pertamina.

Logo Pertamina.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Pelanggaran terhadap aturan ketenagakerjaan yang terjadi dalam hubungan industrial, tidak hanya terjadi di perusahaan-perusahaan swasta. Pelangaran-pelanggaran seperti upah yang tidak layak, pemberangusan serikat pekerja, sistem tenaga kerja outsourcing juga terjadi di tubuh BUMN. Padahal BUMN dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Indikasi pelanggaran terhadap UU Ketenagakerjaan, dalam hal ini praktek sistem kerja outsourcing dan kerja kontrak berkepanjangan, serta tindakan diskriminatif terhadap pekerja, diduga terjadi di tubuh Pertamina. Para pekerja Pertamina Indramayu yaitu para pekerja LPG Balongan, EP Cemara, EP Mundu, RU VI Balongan dan UPMS III Balongan yang tergabung dalam serikat pekerja KASBI, mogok sejak tanggal 19 Juni 2012.

Baca juga: Pertamina minta Kejati Jatim usut dugaan korupsi Migas Hatta Radjasa dan Pertamina jaring bibit pesepakbola andal Surabaya

Buruh Pertamina mogok pasokan energi terancam

Mogok yang dilakukan para pekerja Pertamina tidak mendapat respon positif. 17 Juli 2012 para pekerja aksi di Kemenakertrans dan Pertamina Pusat – 18 Juli 2012 ke Kemeneg BUMN. (SBI, SPM Dwikora-SBMK didukung oleh KASBI Jabotabek (FSBN, GSBM, SPCI, SBMNI, PROGRESIP, SBJR), KASBI Subang (FKBMI, SPISI, SBISA), KASBI PertaGas (Prabumulih, Cikupa, dan Cikarang).

Tak kurang dari 1000 orang peserta akan ambil bagian dalam aksi ini. Para pekerja yang tidak ikut aksi ke Jakarta tetap melakukan aksi pemogokan di Indramayu (RU VI Balongan, EP Cemara, EP Balongan, EP Mundu, UPMS III Balongan, PertaGas Mundu, PDSI Subang, & seluruh cabang anak cabang perush Pertamina di Indonesia).

Rekomendasi Politik

1. Mendesak Kemeneg BUMN untuk tidak hanya memikirkan DEVIDEN BUMN, tapi MENGABAIKAN HAK-HAK PEKERJA, artinya jadi BAGIAN DARI PEMISKINAN KAUM BURUH dan PEKERJA. Pemerintah haruis segera menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan di Pertamina.

3. Mendesak Pertamina untuk memenuhi hak-hak normatif para pekerja.

4. Mengingatkan Pemerintah aksi tidak hanya akan memicu mogok serupa di Pertamina dan BUMN lain, namun pasti akan menggangu pasokan energi nasional.@suci

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty