x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Persoalan Buruh di Negeri Ini Makin Memprihatinkan

Perjuangkan Kebebasan, Besok Pagi Tiga Juta Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional

Selasa, 02 Oktober 2012 10:41 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Perjuangkan Kebebasan, Besok Pagi Tiga Juta Buruh Lakukan Aksi Mogok Nasional - Persoalan Buruh di Negeri Ini Makin Memprihatinkan - Buruh lakukan aksi Mogok Nasional/foto; Ist.

Buruh lakukan aksi Mogok Nasional/foto; Ist.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Tadi malam Menko Perekonomian Hatta Rajasa melakukan pertemuan dengan pimpinan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) diselingi shalat Maghrib dan Shalat Isya berjamaah di Widya Chandra untuk membahas dan menyikapi rencana Mogok Nasional HOSTUM yang rencananya akan dilaksanakan besok, Rabu (3/9/2012).

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, perwakilan MPBI, Said Iqbal, Andi Gani, Syaiful DP, Ali Akbar, Djufni, Indra Munaswar, Abdullah, Iswan Abdullah, Muhamad Rusdi, Subiyanto, Baris silitonga, Andi, serta perwakilan pengusaha bukan anggota Apindo.

“Dalam pertemuan tersebut, pak menteri memahami dan menerima masukan terhadap tiga tuntutan buruh terkait penghapusan outsourcing, tolak upah murah dan berlakukan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia mulai tanggal 1 Januari 2014,” kata salah satu Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia(MPBI), Said Iqbal kepada LICOM di Jakarta, Selasa (2/9/2012).

Terkait dengan tuntutan tersebut, Menko Perekonomian meminta waktu kepada MPBI untuk dicarikan jalan keluar terhadap tuntutan tersebut serta meminta kepada MPBI agar menunda dulu Aksi Mogok Nasional tersebut.

Sikap MPBI dibawah koordinator Said Iqbal (KSPI) dan Andi Gani Nuwawea (KSPSI) secara tegas disampaikan kepada Menko Perekonomian bahwa MPBI tidak akan menunda Mogok 3 Oktober 2012 tersebut tanpa ada Langkah penyelesaian konkrit terhadap tiga tuntutan tersebut dan tidak cukup dengan janji-janji berupa pernyataan dukungan terhadap Buruh/pekerja.

Diakhir pertemuan, menteri menyampaikan, bahwa akan segera melakukan rapat dengan kementerian-kementerian terkait hari ini dan meminta kesediaan MPBI untuk melanjutkan pertemuan siang ini, Selasa (2/9/ 2012).

“Dan atas usulan tersebut, MPBI akan membahasnya dulu apakah masih perlu untuk melakukan pertemuan tersebut..? Dan kita semua berdoa semoga apa yang menjadi tuntutan buruh bisa dipenuhi sebelum tanggal 3 Oktober. Sehingga, Aksi Mogok Nasional tidak jadi dilakukan buruh/pekerja anggota MPBI,” kata Said.

Rencananya, besok 3 Oktober 2012, mulai pukul 08.00 WIB, sebanyak 3 Juta Buruh anggota Majelis Pekerja Buruh Indonesia (KSPSI Andi Gani, KSPI Said Iqbal, KSBSI Mudhofir), didukung oleh puluhan serikat buruh nasional dan wilayah, akan bergerak melakukan aksi damai di 21 Kota se-Indonesia: Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Surabaya, Batam, Bogor dan 14 kota lainnya.

Aksi besar-besaran ini adalah AKSI DAMAI untuk menuntut Hapuskan Outsourcing, Tolak Upah Murah, Laksanakan jaminan sosial tepat waktu sesuai perintah UU pada 2014, dan lawan korupsi yang menciptakan ekonomi biaya tinggi dengan turut mendukung perjuangan KPK.

“Kami mohon maaf kalau jalan anda jadi terhambat sejenak, tetapi inilah cara yang bisa kami lakukan untuk mengingatkan Presiden dan pemerintah atas pelanggaran hukum dan penderitaan yang diderita buruh atas perbudakan modern bernama outsourcing, upah yang hanya cukup untuk sekadar hidup minim tanpa masa depan bagi anak-anak kami, yang kalau sakit atau tua menjadikan keluarga kami miskin karena tak ada jaminan kesehatan dan pensiun,” kata Said.

Menurutnya, sudah saatnya seluruh warga bergerak, mari bersama buruh kita tuntaskan harapan menuju bangsa yang bermartabat.@hidayat





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty