Taman Safari Cisarua Selamatkan Dua Harimau Sumatera

LENSAINDONESIA.COM: Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Bogor terus berupaya melakukan konservasi terhadap satwa Indonesia yang langka.

Dalam upaya tersebut, tahun 2011 TSI Cisarua Bogor berhasil menyelamatkan dua Harimau Sumatra. Harimau yang diselamatkan dari Aceh tersebut diberinama Cut Nyak dan Salamah.

Berusia antara 3-5 tahun, satu dari harimau Sumatera Salamah di konservasi dalam kondisi yang tak sempurna. Saat dibawa oleh tim penyelamat satwa TSI, kaki Salamah dalam kondisi diamputasi.

“Kondisi Salamah saat itu kami selamatkan dalam keadaan kaki tiga. Dia terkena sling jebakan babi rusa,” ujar tim Edukasi TSI Cisarua Bogor, Irawan saat meninjau lokasi penangkaran harimau liar,  Minggu (7/10/2012).

Sementara itu, konservasi Harimau Sumatera Cut Nyak, karena merupakan hasil sitaan masyarakat setempat di Sumatera. Disebutkan, sejak kecil Cut Nyak memang sudah dikeep oleh masyarakat.

“Kalau yang Cut Nyak memang kondisinya dalam keadaan di keep sama masyarakat,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, ia menegaskan akan mengembalikan harimau ke habitat aslinya. Namun, dengan catatan, kondisi habitatnya tidak terganggu campur tangan yang lain. “Harimau hingga saat ini sudah mengalami kepunahan. Kami pasti akan kembalikan harimau Sumatera ke habitat aslinya. Tapi dengan catatan habitatnya harus diperbaiki terlebih dahulu,” pungkasnya. @Panjichuby_666