x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Dioperasikan di Laut Bangka dan Kundur

PT Timah Siapkan Kapal Geotin 3 untuk Mengebor Laut Dalam

Kamis, 25 Oktober 2012 01:59 WIB (1 year yang lalu)Editor:
PT Timah Siapkan Kapal Geotin 3 untuk Mengebor Laut Dalam - Dioperasikan di Laut Bangka dan Kundur - Dirut PT Timah, Sukrisno (dua dari kiri) saat resmikan Kapal Bor Geotin 3

Dirut PT Timah, Sukrisno (dua dari kiri) saat resmikan Kapal Bor Geotin 3

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: PT. Timah (Persero) Tbk membuat kapal Bor Geotin 3 yang mampu mencari cadangan timah di laut dalam sampai dengan kedalaman 100 meter.

Rencananya, kapal tersebut akan dioperasikan di laut Bangka dan Laut Kundur.

Hasil penemuan cadangan laut dalam dari kapal Bor Geotin 3 ini, akan diperuntukkan kepada kapal keruk dalam atau Bucket Wheel Dredge (BWD), untuk dieksploitasi.

Direktur PT. Timah Tbk, Sukrisno mengungkapkan, pihaknya saat ini telah memiliki kapal Geotin 1, 2, dan 3. Menurutnya, Geotin 1 khusus pengeboran di laut dangkal. Sedangkan spesifikasi Geotin 2 ini hampir sama dengan 3 yaitu berkapasitas kedalaman sampai 100 meter.

“Yang lain kan 50 meter. Untuk laut dalam itu belum. Sehingga paling tidak cadangan untuk di dalam itu bertambah,” kata Sukrisno kepada LICOM usai peluncuran kapal Bor Geotin 3 di Dok Kartini Selindung, Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Rabu (24/10/12).

Pembuatan kapal Bor Geotin 3 ini, lanjut dia, adalah implementasi kebijakan perusahaan dalam upaya meningkatkan produksi pada eksploitasi Ijin Usaha Pertambangan (IUP) laut, yaitu Goo Offshore Go Deeper.

PT Timah juga terus menyiapkan kekuatan armada eksplorasi untuk mendapatkan penambahan cadangan timah, khususnya didalam laut.

Sukrisno menyatakan, pembuatan kapal bor ini dilakukan perusahaan agar mampu menemukan cadangan baru yang terukur, sebagai antisipasi adanya situasi dimana cadangan-cadangan timah alluvial dilepas pantai telah mengalami percepatan pengurangan cadangan, yang disebabkan; maraknya kegiatan penambangan laut selama ini, maraknya kegiatan penambangan ilegal mining Tambang Inkonvensional (TI) apung, dan adanya peraturan pemerintah yang melarang melakukan penambangan di wilayah kurang dari 1 mil dari pantai.

“Yang saya maksudkan cadangan laut berkurang itu, pada level 50 meter. Karena yang pertama sudah ditambang, yang kedua banyaknya TI apung itu. Dan ketiga, 1 mil dari pantai tidak boleh ditambang, artinya dianggap tidak ada,” tandas Sukrisno.

Sebelumnya, PT Timah telah mempunyai dua kapal Bor yang khusus mencari cadangan timah dilaut dalam. Untuk Kapal Bor Geotin 1, difungsikan mencari cadangan di kedalaman air kurang dari 30 meter, dengan kemampuan penetrasi efektif kedalaman sampai 55 meter.

Sedangkan Kapal Bor Geotin 2, telah mengawali pencarian cadangan di laut dalam.

Sedangkan untuk design kapal Bor Giontin 3 ini, PT DAK (anak perusahaan PT Timah Tbk) sebagai pembuat kapal Bor Geotin 3 dibantu oleh Biro Klasifikasi Indonesia.

Dan, untuk membuat design peralatan bor, dilakukan oleh tim ahli dari PT Timah Eksplomin yang dalam hal ini telah mendapatkan masukan konstruktif dari Galangan Kapal Conrad Belanda.

Kapal Bor Geotin 3 ini, dibangun dan dilengkapi menurut peraturan Biro Klasifikasi Indonesia dengan tanda kelas + A 100 (I) untuk lambung, dan + SM untuk instalasi Mesin, termasuk Instalasi Listrik.@lysistrata





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty