x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Buntut Ambruknya Gedung Sekolah

Jokowi Minta Kontraktor SDN 03 Rawamangun Segera di Blacklist

Kamis, 08 Nopember 2012 21:34 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Jokowi Minta Kontraktor SDN 03 Rawamangun Segera di Blacklist - Buntut Ambruknya Gedung Sekolah - Ist/Jokowi ketika melakukan sidak (Foto: Winarko)

Ist/Jokowi ketika melakukan sidak (Foto: Winarko)

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Kejadian ambruknya bangunan SDN 03 Rawamangun, di Jl Haji Ten, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (6/11/2012) lalu, mendapat perhatian serius dari Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo atau yang akrab dipanggil dengan Jokowi. Didampingi Dinas Pendidikan DKI, Jokowi melakukan sidak ke sekolah tersebut, Kamis (8/11/2012) sore.

Jokowi mengatakan, apabila ada kesalahan konstruksi, maka dia meminta kepada PT Putra Halomoan Sejati, selaku kontraktor untuk di blacklist dan tidak boleh bermitra lagi dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Baca juga: Tim pemenangan Jokowi-JK klaim kemenangan di basis buruh Jatim dan Jokowi cek kebenaran quick count di Surabaya

“Harus dikerjakan kembali dengan konstruksi yang benar-benar aman, karena ini menyangkut anak-anak dan harus disanggupi,” kata Jokowi.

Ia menjelaskan, bahwa rehab Gedung SDN Rawamangun 03 ini telah menelan biaya sekitar Rp 1,2 miliar. Anggaran ini meliputi untuk pemasangan plafon, keramik, lantai, kusen dan lainnya. Akan tetapi, belum bisa dikatakan ideal oleh Jokowi. Pasalnya, bangunan sekolah tersebut belum jadi secara utuh.

“Wong belum jadi kok mau ideal gimana?,” tandasnya.

Namun demikian, Jokowi bernafas lega lantaran sewaktu bangunan ambruk tidak memakan korban jiwa. Dia mengecek semua material barang-barang yang digunakan untuk membangun.

“Apakah material yang dibelinya itu dari barang bekas atau tidak. Saya tidak lihat barangnya, jadi saya tidak bisa bilang benar atau tidak. Tahu-tahu sudah bersih gitu,” tukasnya.

Menurut Jokowi, rehab bangunan ini akan selesai pada bulan Desember mendatang. Apabila belum terselesaikan akan dikenai sanski tegas. Akan tetapi, yang memberikan sanksi ini adalah pihak Sudin Dikdas Jakarta Timur, karena kejadiannya di wilayah Jakarta Timur.

Kejadian ambruknya bangunan sekolah tersebut sudah terjadi dua kali selama tahun 2012 ini. Jokowi akan memerintakan seluruh Inspektorat agar di tangani secara detail. Apakah ada kesalahan konstruksi atau memang ada unsur kesengajaan untuk mengurangi aspek yang ada.

“Pemborong harus sanggup selesaikan pekerjaannya. Kalau pemborongnya tidak bener ya kita blacklist aja,” jelas Jokowi sambil tersenyum.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, bahwa sekolah tersebut mendapat rehabilitasi oleh Sudin Dikdas. Dan perawatannya ada disekolah. Namun, apabila rehab total maka tanggung jawab ada di Dinas Pendidikan DKI.

“Kasus ambruknya atap bangunan ini tentu masih menjadi tanggungjawab pihak kontraktor. Apalagi kejadiannya saat proyek masih berlangsung,” kata Taufik.

Menurut Taufik, rehab ini harus selesai tepat pada waktunya sampai 15 Desember.Kemudian awal Januari semua siswa dapat menggunakan gedung baru itu.

“Kontraktor juga harus memberikan jaminan keamanan, saat gedung ini digunakan untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” jelasnya.

Rencananya pada Jumat (9/11/2012) besok pihaknya akan menggelar rapat untuk membahas persoalan ini. Mereka akan membentuk tim pencarian fakta terdiri dari unsur Dinas Pendidikan DKI, Sudin Pendidikan Dasar Jakarta Timur, Sudin Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah Jakarta Timur, pengawas, masyarakat dan pihak kontraktor. @winarko

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty