x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Buruh Tuding Massa Ormas Didanai Pihak Tertentu

Buruh dan Massa Ormas Bentrok, Kawasan EJIP Cikarang Tegang

Selasa, 20 Nopember 2012 09:06 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Buruh dan Massa Ormas Bentrok, Kawasan EJIP Cikarang Tegang - Buruh Tuding Massa Ormas Didanai Pihak Tertentu - Aksi unjuk rasa buruh Kawasan EJIP beberapa waktu lalu. /*ist

Aksi unjuk rasa buruh Kawasan EJIP beberapa waktu lalu. /*ist

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Kawasan East Jakarta Industrial Park (EJIP), Cikarang Bekasi, hingga dinihari tadi masih mencekam menyusul bentrokan antara sejumlah massa aksi serikat buruh dan sejumlah orang yang mengatasnamakan Masyarakat Bekasi Bergerak (MBB) Senin (19/11/12) sekitar pukul 18.00 WIB.

Bentrok terjadi setelah Rumah Buruh yang terletak di dekat PT Ziegler didatangi sejumlah massa MBB. Kedatangan mereka dipicu oleh rencana unjuk rasa massa buruh dan gerebek pabrik Samsung di kawasan industri Jababeka I.

Baca juga: Komisi Yudisial tuding hakim keliru beri putusan kasus gugatan buruh dan Empat bocah tewas akibat odong-odong ditabrak truk

Massa MBB memprotes aksi buruh yang menggelar unjuk rasa disertai blokade jalan ataupun gerebek pabrik. Mereka mengklaim warga merasa terganggu ketenangannya oleh aksi itu.

Ketegangan terjadi karena massa buruh bertahan untuk tetap melakukan aksi. Mereka memperjuangkan hak-hak dan menuntutĀ  penuntasan masalah pelanggaran aturan ketenagakerjaan.

Bentrok pecah setelah buruh mengaku mendengar ada rekan mereka yang dipukuli oleh massa MBB. Buruh pun langsung melakukan aksi untuk membalas aksi kekerasan terhadap rekannya. Aksi itu kemudian dibalas lagi oleh massa MBB dengan mengepung Rumah Buruh di kawasan Ejip dan melakukan sweeping terhadap anggota-anggota Serikat Buruh di Kawasan EJIP.

Aksi pengepungan dan sweeping itu membuat Koordinator Presidium Sekber Buruh, Michael menuding Polisi dan pemerintah hanya menutup mata terhadap aksi ala premanisme ini. Mereka juga menuding tindakan intimidasi terhadap buruh itu dilakukan oleh sekelompok preman yang mengatasnamakan ormas.

“Teman-teman buruh masih berkumpul di kawasan. Ada posisi preman didanai pihak tertentu yang tersebar dibeberapa tempat. Ada beberapa titik untuk sementara kondisi mencekam,” kata Michael.

Menurut Michael, hingga malam tadi buruh terusĀ  melakukan penjagaan di pabrik masing-masing untuk mengantisipasi adanya konsentrasi massa di depan pabrik. Para buruh sementara itu juga belum bisa keluar dari kawasan dan akan bertahan di pabrik masing-masing.

“Kami akan menunggu sampai ada penyelesaian dari pihak disnaker dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bekasi, Kompol Dedi Murti mengungkapkan, isu pemukulan salah seorang buruh oleh massa warga ternyata tidak benar.

“Hanya pengguna jalan yang melintas ketakutan, pengguna jalan tersebut lari dan langsung diamankan petugas polisi,” ungkap Dedi.

Ia juga menegaskan, hingga pasca bentrok, anggota Polresta Bekasi masih terus melakukan penjagaan dikawasan ejip.@priokustiadi

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty



Editor: +Khairul Fahmi

I am an inventor, a writer and wordsmith.…

Facebook Twitter Google+ Index Berita 



code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty