x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Warning Bupati Agar Lebih Transparan

DPRD Kabupaten Demak Temukan Pengerjaan Proyek yang Amburadul

Sabtu, 15 Desember 2012 12:24 WIB (2 years yang lalu)Editor:
DPRD Kabupaten Demak Temukan Pengerjaan Proyek yang Amburadul - Warning Bupati Agar Lebih Transparan - Sunari, anggota komisi C DPRD Demak (nur)

Sunari, anggota komisi C DPRD Demak (nur)

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Tahun 2013 nanti, semua proyek infrastruktur di Kabupaten Demak harus dikerjakan secara maksimal.
Pihak eksekutif melalui SKPD yang ada harus bersikap tegas dalam menjalankan fungsi teknis penganggaran, melakukan perencanaan proyek yang matang, melakukan kontrol atas kinerja kontraktor, dalam upaya mengantisipasi kebocoran anggaran proyek.

Hal itu diungkapkan Sunari, Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Demak kepada LICOM. Anggota DPRD dari Fraksi Golkar ini mengungkapkan, pihaknya banyak menemui kejanggalan proyek dan program pemerintah yang amburadul ketika melakukan pemantauan dalam rangka evaluasi dan pengawasan pelaksanaan APBD 2012, khususnya pekerjaan infrastruktur.

“Pantauan di lapangan, saya menjaring beberapa aspirasi dan masukan dari masyarakat tentang beberapa hal di bidang pembangunan. Di mana ada sejumlah proyek fisik seperti jalan, jembatan, normalisasi sungai, serta gedung yang diduga dikerjakan secara asal-asalan dan diindikasikan tidak sesuai bestek. Ini harus segera ditindak lanjuti,” terangnya.

Sunari mengaku untuk menindak lanjuti beberapa pekerjaan di tahun 2012 dengan total anggaran 240 Miliar yang amburadul ini, pihaknya telah menyampaikan persoalan tersebut ke Bupati Demak untuk segera disikapi. Bahkan dalam pandangan umum RAPBD TA 2013 yang akan dibahas antara eksekutif dan legislatif, pihaknya telah mewarning Bupati Demak untuk menjalankan pembangunan infrastruktur yang lebih baik, transparan, akuntable dan sesuai dengan perencanaan yang matang.

“Tahun 2013 nanti akan kami pantau semua pekerjaan, kami mohon anggaran negara jangan dibuat banca`an. Eksekutif harus tegas, dan kontraktor jangan main-main,” tegasnya.

Secara terpisah, Rifa’i aktivis pemuda Demak mengungkapkan, selain program fisik infrastruktur, dirinya melihat program-program non fisik pun juga amburadul. Dirinya mencontohkan program lewat DAK pen-didikan, kesehatan dalam pelaksanaan tahun 2012 ini perlu ada evaluasi total khususnya transparansi penggunaan anggaran negara. “Ada indikasi program DAK pendidikan pengadaan buku ajar dan alat peraga di Kabupaten Demak TA 2010-2011 tidak dijalankan sesuai dokumen kontrak. Misalnya pengiriman buku tidak lengkap sampai sekolah sebagai penerima, speck buku juga perlu diuji ulang serta ada indikasi pengkondisian lelang” terangnya.

Justru Rifai menyayangkan selama ini anggota DPRD Kabupaten Demak banyak yang tutup mata melihat kondisi pembangunan demak
yang amburadul ini. “Sebagai fungsi legislasi dan pengawasan anggaran, dewan juga jangan bermain mata dalam hal pengaggaran
dan pekerjaan proyek lewat dana aspirasi,” pintanya. @nur

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty






code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty