x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Pasal 396 dan 504 KUHP Masih Menghantui

Mucikari Keyko Aman dari Jeratan Human Trafficking

Jumat, 21 Desember 2012 22:17 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Mucikari Keyko Aman dari Jeratan Human Trafficking - Pasal 396 dan 504 KUHP Masih Menghantui - Hakim saat sidang tertutup dengan kehadiran saksi dari jaksa/foto; Dhimas Lensa.

Hakim saat sidang tertutup dengan kehadiran saksi dari jaksa/foto; Dhimas Lensa.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


Sepertinya terdakwa Yunita ratu prostitusi online alias Keyko akan bebas dari jeratan Pasal 2 ayat 1 undang-undang nomor 21 Tahun 2007. Dimana pasal tersebut menjelaskan tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang atau yang disebut juga dengan Human Trafficking.

Pasalnya, hingga kini Kasie Pidana Kejaksaan Negeri Surabaya M. Judhy Ismono justru belum menerima surat laporan jaksa penuntutnya.

Baca juga: Keyko si 'ratu germo' bakal bebas akhir bulan ini dan Anak Buah 'Ratu Prostitusi Online' Keyko Divonis 7 Bulan

“Saya belum terima laporan lengkap dari jaksa penuntutnya, namun dari laporan sebelumnya memang tidak ada unsur-unsur di dalam pasal tersebut,” kata Judhy, Jumat (21/12/12).

Menurut Judhy, dalam transaksi yang dilakukan Keyko alias Yunita sama sekali tidak ada unsur pemaksaan dan kekerasan terhadap korban (PSK) saat sidang berlangsung.

“Antara Keyko dengan rekan atau temannya yang diduga PSK-nya itu kan cuma hubungan jarak jauh, sekedar telepon atau Blackckberry Massanger-an saja karena meereka tidak saling kenal,” paparnya.

Menurutnya, karena komunikasi mereka hanya melalui online (BBM) dan apalagi transfer uang hasil jual diripun melalui rekening bank.

Dengan fakta ini Judhy malah heran dengan pemberitaan sebelumnya yang begitu dahsyat. Dirinya membandingkan dengan prostitusi di Dolly. “Kalau dilihat dia memang seperti mucikari lainnya, justru malah jika dibandingkan dengan Dolly itu lebih parah di sana,” tuturnya.

“Karena lebih terbuka dan memungkinkan terjadi penjeratan utang agar PSK-nya ini tidak kemana-mana,” katanya terkait transaksi yang terjadi di Dolly sebagai perbandingannya.

Sementara itu secara terpisah, Djauharul Fushus selaku Jaksa Penuntut Umum mengatakan tidak ada unsur traffikingnya dalam kasus Keyko ini. “Memang tidak ada unsur traffickingnya,” tegas Djauharul Fushus.

Bahkan Djauharul juga berniat akan menjeratkan pasal mucikari untuk Keyko. Untuk itu, dia sudah mendapatkan alat bukti berupa kesaksian tiga anak buah Keyko, Dinda, Glegesa dan Naya yang mengaku sering mendapat order untuk melayani pelanggan Keyko.

Sementara itu kesaksian pelanggan di sidang tidak terlalu siginifikan untuk bisa menguatkan jeratannya. “Untung ketiga saksi yang hadir dan yang mengakui hingga ini bisa dibuktikan unsur mucikarinya, semuanya bakal susah lagi,” pungkasnya.

Karena pasal trafficking sulit dibuktikan, kemungkinan besar Keyko hanya akan dijerat dengan Pasal 396 KUHP tentang mucikari atau Pasal 504 KUHP tentang penyedia sarana prostitusi yang ancaman hukumannya maksimal satu tahun penjara.

Sekedar diketahui, pembuktian pasal terhadap Keyko alias Yunita seharusnya bisa dijerat dengan Pasal 396 KUHP tentang mucikari atau Pasal 504 KUHP tentang penyedia sarana prostitusi yang ancaman hukumannya maksimal satu tahun penjara.

Namun dalam kenyataan yang terjadi, pendapat dari Pihak Polrestabes yang menyidik Keyko dimana dalam rilisnya Polres mengungkap ada jaringan prostitusi online yang dikomandoi Keyko. Bahkan dalam aksinya tersebut juga melibatkan ribuan PSK serta sejumlah mucikari antarkota dengan hasil Omzet bisnis miliaran rupiah.@dhimasprasaja

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty