x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Pelatihan Limbah Kayu

Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu

Jumat, 21 Desember 2012 18:43 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu - Pelatihan Limbah Kayu - Pelatihan limbah kayu

Pelatihan limbah kayu

code: 160x600, idcomsky1com is empty


Sebanyak 50 orang yang terdiri dari anggota Pramuka Saka Wana Bakti, Kepala Seksi Pertanian dan Kehutanan Kecamatan dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Jakarta Timur, mengikuti kegiatan Pengembangan dan Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu, di Pusat Perkayuan Dinas Kelautan dan Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (21/12/12).

Menurut Kasudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur, Ir. Agustinus Bambang W, selain menambah wawasan, kegiatan ini bertujuan agar limbah dapat diolah untuk mengurangi pencemaran, sekaligus mendapatkan nilai tambah.

Baca juga: Tuntut Ahok jangan main gusur, PKL balik di kolong Fly over Klender dan Pembangunan gedung SDN 06 Malaka Jaya mangkrak setahun

“Limbah-limbah kayu yang tadinya tidak bermanfaat diolah menjadi sesuatu yang berharga dan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, kegiatan ini yang sekaligus mengurangi pencemaran lingkungan dan dampak negatif yang di timbulkan oleh limbah kayu.

“Kalau diolah dengan teknologi aplikatif atau dapat di terapkan langsung oleh masyarakat bisa timbulkan nilai ekonomi dan tingkatkan pendapatan masyarakat,”ujarnya.

Sementara itu, Kasie Kehutanan Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur Wahyu Indarwati menjelaskan, jenis limbah kayu yaitu limbah dari hutan dan limbah dari pengolahan industri kayu. Untuk limbah kayu hutan, seperti daun, bunga, ranting, kulit kayu dan biji. Limbah hutan ini umumnya di buat barang-barang kerajinan dan pupuk.

“Untuk limbah dari industri pengolahan kayu, terdiri dari serbuk gergaji, serutan kayu dan potongan-potongan kayu,” kata Wahyu.

Menurut Wahyu, untuk limbah industri pengolahan kayu yang berupa serbuk, biasanya dibuat boneka, arang serbuk dan media tanam. Limbah berupa serutan kayu, kalau dalam jumlah skala besar dapat dipres untuk industri pembuatan papan partikel.

“Kalau limbah kayu yang berupa potongan-potongan kecil dapat dibuat puzzle. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak-anak terutama di bangku TK untuk membantu perkembangan motoriknya,” kata Wahyu.

Wahyu berharap, para anggota Pramuka, Kasie Kecamatan dan PPL yang mengikuti pelatihan ini, dapat menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat disekitarnya.

“Seperti PPL, mereka merupakan ujung tombak dari Sudin Pertanian dan Kehutanan Jakarta Timur, karena mereka yang sehari-harinya bertemu langsung dengan masyarakat,” kata Wahyu.

Sementara itu pemilik industri kerajinan boneka kayu dengan nama Bokumi Budi Satria, berkisah tentang lika-liku produk boneka kayu yang dibuat dengan karakter beragam, seperti tokoh animasi, komik, robot, hingga wayang, yang dibuat dalam bentuk baru ala Bokumi.

“Saya memulai usaha ini sejak bulan Maret 2012 lalu. Namun sudah dari 2006 saya sudah membuat dan mengoleksi boneka kayu dengan berbagai karakter karena hobbi. Ciri khas Bokumi terletak pada bahan dan bentuknya. Bahan utama mainan ini adalah kayu dan bambu,” ungkapnya.

“Bokumi dibuat dari limbah kayu yang dipotong dan dibentuk sesuai karakter. Kemudian tokoh-tokoh mainan dilukis menggunakan cat tembok di permukaan kayu,” pungkasnya.@winarko

 

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty



Editor: +Catur Prasetya

Menamatkan pendidikan S1 Sastra Inggris Universitas Dr. Soetomo, redaktur yang juga penghobi berat bulutangkis…

Facebook Twitter Google+ Index Berita 



code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty