x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Pembebasan Lahan Sedot Dana Rp 175 Miliar

Bangun Bandara Kertajati, Anggaran Dishub Jabar 2013 Melonjak

Sabtu, 29 Desember 2012 17:08 WIB (1 year yang lalu)Editor:
Bangun Bandara Kertajati, Anggaran Dishub Jabar 2013 Melonjak - Pembebasan Lahan Sedot Dana Rp 175 Miliar - Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufikkurohman. /*dok

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufikkurohman. /*dok

code: 160x600, idcomsky1com is empty


Anggaran Dinas Perhubungan Jawa Barat tahun 2013 mengalami kenaikan signifikan. Tahun depan, Dishub akan memperoleh anggaran sebesar Rp 255 miliar. Naik Rp 130 miliar atau lebih dari 100 persen dari anggaran tahun ini, yaitu Rp 125 miliar.

Kenaikan cukup besar ini terkait sejumlah proyek besar yang akan mulai dikerjakan tahun depan. Diantaranya, pembebasan lahan Bandara Kertajati, Majalengka, yang mencapai Rp 175 miliar, pembebasan lahan Kereta Api Tanjungrasa Rp 13,3 miliar dan fasilitas lalulintas dan angkutan jalan Rp 19 miliar. Selain itu juga terdapat pos anggaran  ASDP (Angkutan Sungai, Danau  dan Pelabuhan) yang meliputi Waduk Saguling, Jatiluhur, Pelabuhan Muara Gembong dan Majingklak  sebesar   Rp 5,7 miliar.

Baca juga: Warga Sumatera Utara di Jabar dukung Gubernur Aher maju Capres dan Dukung Aher Capres, KNPI Jabar diharap tak sekedar beropini

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufikkurohman menjelaskan,  dengan alokasi itu pihaknya akan membebaskan lahan bandara Kertajati pada sisi runway. Pemerintah pusat sendiri sudah mengalokasikan dana Rp 130 miliar untuk sisi air side, sepanjang 4000 meter dengan lebar 60 meter.

“Sementara untuk jalan tol Cisumdawu yang telah ground breaking, baru trasse dari Rancakalong ke Sumedang, kemudian berikutnya sampai Dawuan hingga Kertajati, sepanjang 68 km terhitung mulai dari Cileunyi. Untuk Cikapalimas sudah bebas tinggal developnya,  itu yang akan kita lakukan secara terintegrasi  untuk pembangunan bandara,” jelasnya usai menerima Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD TA 2013 di Aula Barat Gedung Sate,  Jumat (28/12/12).

Setelah  bandara , lanjut Dedi, kemudian shortcut untuk pembangunan jalan kereta api Tanjung Rasa-Cibungur. Jalur ini akan direaktifasi sebagai salah satu jalan mengantisipasi kemacetan. Rencana ini untuk menjawab kebutuhan pengguna jasa transportasi yang menginginkan moda transportasi yang cepat, mudah, terjangkau aman dan nyaman.

“Tahapannya sampai saat ini kita sosialisasi dulu. Karena pemilik lahan ini PT KA. dari sisi kesiapan pranata reaktifasi kereta api ini kita sudah siapkan,” kata Dedi.

Menurutnya, saat ini Dishub sudah memegang hasil studi kelayakan program ini. Namun rencana ini perlu disosialisasikan lebih dulu karena lahannya sudah beralih jadi pemukiman.  Ini tentu memerlukan pendekatan ke masyarakat. Juga perlu dipastikan betul apakah lahan itu masih milik PT KAI atau sudah diambil alih penduduk.@husein.


Editor: +Khairul Fahmi

I am an inventor, a writer and wordsmith.…

Facebook Twitter Google+ Index Berita 



code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty