x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Tuding Pernyataan Bonny Hargens Bernuansa Politis

Manifest Institute: SBY dan Anas Sedang Diadu Domba

Selasa, 01 Januari 2013 11:09 WIB (1 year yang lalu)Editor:
Manifest Institute: SBY dan Anas Sedang Diadu Domba - Tuding Pernyataan Bonny Hargens Bernuansa Politis - Anas Urbaningrum /*ist

Anas Urbaningrum /*ist

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Pengamat politik dari Manifes Institute, Adi Wibowo, menilai pernyataan Bonny Hargens dalam acara diskusi yang bertema “Membedah Demokratisasi dan Pemberantasan Korupsi di Indonesia”, di Cikini, Minggu (30/12/2012) lalu, adalah penyataan yang sarat akan kepentingan dan upaya adu domba.

Saat itu Bonny Hargens mengatakan bahwa ada kemungkinan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum diseret KPK pasca penetapan Andi Mallarangeng sebagai tersangka Hambalang. Namun SBY tidak mungkin tidak melindungi Anas, karena Anas dan Edhie Baskoro Yudhoyono itu satu paket dan Ibas berada di bawah “ketiak Anas” menjadi bola panas.

Baca juga: Pengamat : Demokrat dan Gerindra bisa "berjodoh" dan Semarak "gruduk" Kejagung desak tangkap Jokowi

Adi wibowo menjelaskan, penyataan tersebut nuansa politisnya tinggi. Adi menilai, SBY mempunyai otoritas itu sudah sewajarnya sebagai seorang Presiden. Tetapi, selama ini bisa dilihat, bahwa orang terdekat atau keluarga SBY tidak luput dari jerat hukum juga jika memang mereka ternyata berurusan dengan hukum.

SBY menghormati proses hukum, hal ini bisa dilihat juga pada sikap SBY yang menyerahkan sepenuhnya masalah tersebut pada jalur hukum dengan tidak mengintervensi lembaga penegak hukum dalam hal ini adalah KPK.

“Publik juga tahu bahwa Andi Mallarangeng adalah orang dekat SBY, dan terlihat pada Kongres Partai Demokrat lalu Andi Mallarangeng adalah orang yang didukung SBY, namun kini menjadi tersangka,” ujar Adi kepada LICOM, Selasa (01/01/2013).

Lanjutnya, berkaitan dengan Anas Urbaningrum yg selama ini juga dikaitkan dengan kasus Hambalang, ia menilai bahwa kalau dilihat dari fakta hukum yang ada, memang untuk sementara tidak ditemukan adanya temuan yang mengarah ke Anas.

“Selama ini publik banyak disuguhi oleh opini-opini yang bernuansa politik oleh pihak yang tidak suka dengan Anas. Harusnya ranah hukum semestinya ditempatkan pada ranah hukum juga dong,” tegasnya.

Adi melihat, memang ada upaya sistematis yang selalu di arahkan kepada Anas Urbaningrum. Karena Anas saat ini menempati posisi strategis yaitu ketua umum partai pemenang pemilu dan ia adalah ketua umum partai termuda.

Sementara di dalam Partai Demokrat ada banyak orang yang iri terhadap Anas. Mereka, kata Adi, tidak sadar bahwa soliditas partai mejadi hal yang sangat penting apalagi dalam kondisi saat ini. @yuanto


Editor: +Rizal Hasan

RIZAL HASAN has been a reporter for more than 12 years, now he as…

Facebook Twitter Google+ Index Berita 



code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty