x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Talkshow Refleksi Akhir Tahun Senkom Mitra Polri

Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan untuk Kamtibmas

Selasa, 01 Januari 2013 21:00 WIB (2 years yang lalu)Editor:
Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan untuk Kamtibmas - Talkshow Refleksi Akhir Tahun Senkom Mitra Polri - Ist/Persiapan PAM Natal dan Tahun Baru

Ist/Persiapan PAM Natal dan Tahun Baru

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Di penghujung tahun 2012 ini, PP Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom Mitra Polri) menggelar talkshow sebagai refleksi akhir tahun dengan mengangkat tajuk “Peran Masyarakat Dalam Kamtibmas dan Kebencanaan”.

Acara diselenggarakan di RM Dapur Sunda Pacific Place, Jakarta dengan menghadirkan narasumber berbagai lembaga terkait. Dari Mabes Polri diwakili oleh Kombes Daud Sihombing selaku Wadir Binmas, kemudian Sugeng Tri Utomo-Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan bencana BNPB, Yanuar Arif Wibowo-Ketua Bidang Politik KNPI, serta Bambang Yuniartiono, Kasubbag Kerjasama Lintas daerah pada Biro Perencanaan Kemenkominfo.

Baca juga: Polri siap tampung puluhan ribu putra-putri terbaik bangsa dan Putut Eko Bayuseno resmi jabat Kabaharkam Polri

“Di penghujung tahun 2012 ini kami mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari evaluasi atas peran kami selama ini, sebagai bagian dari unsur masyarakat yang membantu pihak Kepolisian menciptakan kamtibmas maupun BNPB dan Basarnas dalam siaga kebencanaan,” kata HM Sirot SHSIp, Ketua Umum Senkom Mitra Polri.

Senkom Mitra Polri yang berdiri pada tanggal 1 Januari 2004, ini memiliki visi menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanaan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Dalam praktiknya, Senkom Mitra Polri selain melakukan kegiatan yang bersifat sosialisasi mengenai program-program pemerintah di bidang kamtibmas, juga menyelenggarakan kegiatan pengamanan swakarsa mandiri. Kegiatan ini diantaranya dengan aktifitas laporan situasi terkini setiap hari, dari para personal Senkom Mitra Polri dari seluruh Indonesia, baik menggunakan perangkat komunikasi audio maupun visual seperti radio komunikasi (HT) dan eQso serta alat komunikasi lainnya termasuk laporan situasi secara teleconference dengan teknologi pencitraan satelit, yang diantaranya bekerjasama dengan Kemenhub dan Korlantas Mabes Polri melakukan pemantauan lalulintas dan kebencanaan via NTMC (National Traffic Management Center.

Dengan jumlah personel yang terus bertambah dari masa ke masa, pada pengamanan Lebaran tahun 2012 misalnya, Senkom menerjunkan sebanyak tigapuluh ribu anggota yang secara aktif mendirikan posko mandiri maupun di posko bersama Kepolisian dan Kemenhub. Dan personel tersebut juga tergabung dalam Pam Natal 2012 dan tahun Baru 2013 yang sedang berlangsung.
Di dalam kebencanaan, Senkom Mitra Polri juga memiliki tim Senkom Rescue yang selalu siaga dalam kebencanaan dan secara aktif bekerjasama dengan BNPB/BPBD serta Basarnas maupun SAR di daerah masing-masing. Penanganan berbagai peristiwa bencana alam nasional dan kecelakaan darat, laut maupun udara telah menjadi bagian dari kegiatan Senkom Rescue.

Sebagai ormas dengan kemandirian dan komitmen yang tinggi terhadap kamtibmas dan kebencanaan, Senkom Mitra Polri juga memiliki pola rekrutmen yang unik, karena selain menyesuaikan pola keanggotaan berdasarkan peraturan perundang-undangan, calon anggota juga harus dikenal bersih lingkungan dan berrakhlak baik, bebas dari 5 M atau Moh Limo: Madat (tidak memakai narkoba dan tidak merokok), Madon (main perempuan), Mabuk), Main (judi), Maling (kriminal).
Keunikan organisasi dengan domain kamtibmas ini ialah perangkatnya yang bukan pentungan, melainkan kemampuan survive dengan alat komunikasi sederhana hingga gadget dengan teknologi canggih serta berbagai kelengkapan kebencanaan. Hal ini menunjukkan bahwa meski sebagai ormas dengan domain kamtibmas tapi tidak identik dengan kekerasan. Sesuai dengan visi Senkom Mitra Polri menjadi lembaga yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanaan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat, yang lebih membutuhkan lebih banyak informasi, edukasi dan keteladanan.

Apresiasi
Hingga tahun 2012, Senkom Mitra Polri telah mencapai berbagai keberhasilan baik didalam perannya menciptakan Kamtibmas maupun penanggulangan bencana. Terakhir, Senkom Mitra Polri mendapat apresiasi dari Mabes Polri atas kerjasamanya yang baik selama ini, yang ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak sebagai dasar kerjasama dalam berbagai bidang terkait kamtibmas. Selain itu Mabes Polri juga memberikan Penghargaan Mitra Polri serta menjadikan Senkom Mitra Polri sebagai Pelopor Keselamatan Lalu Lintas. Demikian halnya dengan BNPB dan BASARNAS yang selalu melibatkan Senkom Rescue sebagai mitra strategis, Kemenkominfo juga mengapresiasi dengan memberikan kemudahan frekuensi jalur komunikasi radio yang digunakan Senkom Mitra Polri. Pihak-pihak yang pernah bermitra juga mengakui, bahwa Senkom Mitra Polri berhasil dalam penanganan konflik tanpa kekerasan

Tentang Senkom Mitra Polri
Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas. Dan pada 1 Januari 2013 besok, Senkom Mitra Polri berusia 9 tahun. @releace

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty