Tiru Jokowi, Walikota Jaktim Bersihkan Sampah Bareng Warga

LENSAINDONESIA.COM: Walaupun di tengah guyuran hujan gerimis, tidak menyurutkan semangat warga RW 02 Kelurahan Makasar khususnya kawasan hutan Kota Jl. Masjid Al Munir, untuk melakukan aksi kebersihan di wilayahnya. Sedikitnya 150 warga bersama-sama melakukan kerja bakti membersihkan sampah.

Aksi kerja bakti bertambah meriah, saat Walikota Jakarta Timur Krisdianto bersama istrinya Hj. Yenny Hapsari, yang ikut bergabung bersama warga membersihkan sampah. Kehadiran Walikota ini sendiri untuk memberikan dukungan serta memotivasi masyarakat akan pentingnya menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan.

“Warga akan termotivasi bila para pejabat turun langsung bersama-sama mereka melakukan aksi kebersihan lingkungan, di bandingkan hanya menyampaikan himbauan,” kata Krisdianto di sela-sela kerja bakti, Mnggu (13/1/13).

Dia  mengaku kagum melihat semangat warga yang tetap keluar rumah untuk melakukan kerja bakti. Walaupun kondisi becek karena sebelumnya di guyur hujan deras. Bahkan, saat dirinya datang pun gerimis masih turun membasahi wilayah itu.

“Saya sangat kagum dengan warga yang tetap bela-belain datang untuk kerja bakti bersama walaupun cuaca hujan. Saya berharap semangat yang ada ini dapat menjadi modal bersama dalam upaya kita menjaga dan memelihara lingkungan,” jelas Krisdianto.

Kegiatan kerja bakti ini pun di tandai dengan penanaman pohon di areal hutan kota, dengan harapan dapat membuat lingkungan di sekitarnya semakin sejuk dan nyaman.”Saya titip agar warga dapat ikut bersama-sama merawat hutan kota yang ada, karena sangat bermanfaat sebagai  resapan air dan paru-paru kota,” ungkpanya.

Krisdianto mengharapkan, masyarakat aktif melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar tempat tinggal masing-masing. Menurutnya, Pemerintah tidak akan mampu mengatasi sendiri masalah kebersihan tersebut tanpa adanya partisipasi dari masyarakat ditambah kegiatan gotong-royong dalam bentuk kerja bakti seperti ini, dapat menjadi budaya masyarakat Jakarta Timur.

“Kalau seluruh RW di Jakarta Timur secara rutin menggelar kerja bakti seperti ini, minimal dua minggu sekali, saya yakin berbagai masalah seperti sampah dan banjir dapat diminimalisir,” tutur Krisdianto.

Dalam kegiatan ini, Krisdianto juga didampingi kata Kasudin Kebersihan Jakarta Timur Apul Silalahi, Camat Makasar Makmun Ghozali dan Lurah Makasar Sumadi. Selain itu, Krisdianto juga menyerahkan peralatan kebersihan dari Sudin Kebersihan Jakarta Timur kepada warga setempat. Bantuan yang serahkan secara simbolis oleh Walikota kepada Rifdi, Ketua RW 02 Kelurahan Makasar berupa tong sampah (10 buah), kantong plastik sampah (100 buah), sapu lidi (10 buah), cangkrang (10 buah), keranjang loak (5 buah) dan gerobak sampah (4 buah).

“Bantuan peralatan kebersihan ini untuk mendorong warga agar terus menciptakan lingkungan yang bersih dan kami terus berupaya untuk menjaga kebersihan di wilayah Jaktim,” kata Kasudin Kebersihan Jakarta Timur Apul Silalahi.

Setelah bersama warga melakukan kerja bakti, Walikota berkunjung ke SD Negeri Makasar 08 dan 09. Kunjungan ini sendiri untuk melihat kesiapan sarana komposting sampah yang ada di dua sekolah itu, terkait persiapan penilaian Piala Adipura mendatang.@winarko