Ribuan Kasus Hukum WNI di Saudi Diselesaikan, Yes!

LENSAINDONESIA.COM. Kemenlu melalui KBRI Riyadh berhasil menyelamatkan hak gaji para WNI yang bekerja di Arab Saudi. Melalui mediasi dan upaya KBRI ini, total hak gaji yang selamat senilai USD 2.603.121 atau setara Rp 24.989.961.600 (yes!).

Demikian P.L.E Priatna, Direktur Informasi dan Media-Kemenlu mengkonfirmasikan upaya diplomasi dan perlindungan WNI sepanjang 2012.

“Kemenlu melalui KBRI Riyadh ini pun berhasil menangani 4.360 kasus WNI baik berat maupun ringan. Dari keseluruhan kasus tersebut, sebanyak 4.195 kasus, di luar kasus hukuman mati, berhasil diselesaikan dan para WNI tersebut dipulangkan kembali ke tanah air,” jelas Priatna lewat surat elektroniknya kepada LICOM beberapa waktu lalu.

Secara keseluruhan, lanjutnya, 99% kasus yang masuk ke KBRI dapat diselesaikan dan sisanya 165 kasus (1%) akan diselesaikan pada tahun 2013 ini.

Untuk penanganan kasus-kasus khusus yang melibatkabn TKI, baik masalah pelanggaran hukum dan tindak pidana, KBRI menyediakan penerjemah dan pengacara sebagai pendampingan menghadapi persidangan.

KBRI menjalin kontrak kerja sama dengan 5 orang pengacara setempat dalam upaya memberikan perlindungan terhadap WNI bermasalah, di bawah garis kendali Satuan Tugas Pelayanan dan Perlindungan WNI KBRI [email protected]