x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Tunggu Izin Kemenkes

Puskesmas Arjasa Sumenep Disiapkan Jadi Rumah Sakit Pratama

Jumat, 15 Februari 2013 15:40 WIB (1 year yang lalu)Editor:
Puskesmas Arjasa Sumenep Disiapkan Jadi Rumah Sakit Pratama - Tunggu Izin Kemenkes - Puskesmas, Arjasa, Kengean, Sumenep

(Foto: SP)Puskesmas, Arjasa, Kengean, Sumenep

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura tengah menyiapkan Puskesmas Arjasa, Pulau Kangean, menjadi Rumah Sakit Pratama atau rumah sakit tanpa kelas.

“Sudah saatnya Puskesmas Arjasa naik kelas menjadi rumah sakit Pratama. Ini mengingat Arjasa jauh dari daratan. Jumlah penduduk di pulau ini cukup banyak. Kalau sudah ada rumah sakit di pulau Kangean, tepatnya di Kecamatan Arjasa, diharapkan bisa menjadi sentra rujukan pulau-pulau sekitarnya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Anugerah Rizka Rahadi, Jumat (15/02/13).

Baca juga: Warga Kepulauan Sapeken-Kangean sepakat kabupaten baru dan Hidup lebih hidup usai lantunkan kalimat syahadat

Ia memaparkan, saat ini Dinas Kesehatan tengah melakukan berbagai persiapan untuk menjadikan Puskesmas Arjasa menjadi Rumah Sakit Pratama. Diantaranya pembangunan fisik, kemudian mencari tanah untuk pengganti Puskesmas.

“Kalau Puskesmas Arjasa sudah berubah jadi rumah sakit, otomatis kan harus ada ganti lokasi untuk Puskesmasnya. Karena Puskesmasnya ya harus tetap ada meskipun sudah ada rumah sakit. Sekarang kami masih survey lokasi,” ujar Rizka.

Ia mengatakan, perubahan status Puskesmas Arjasa tersebut saat ini masih menunggu turunnya izin dari Kementrian Kesehatan. Sambil menunggu pihaknya melakukan pembenahan dan persiapan-persiapan. “Untuk pembangunan fisik Puskesmas Arjasa yang akan beruah menjadi rumah sakit, ada anggaran Rp 1,5 miliar dari APBD Sumenep

Lebih lanjut Rizka mengungkapkan, untuk tenaga medis dan paramedis di Puskesmas Arjasa dianggap masih kurang untuk memenuhi standar minimal Rumah Sakit Pratama. “Idealnya ada 4 dokter umum dan 1 dokteer gigi. Tapi yang ada sekarang baru 1 dokter umum PNS, 1 dokter umum kontrak, dan 1 dokter gigi. Berati ini masih kurang,” paparnya.

Untuk sementara yang bisa dilakukan, imbuh Rizka, melakukan reposisi tenaga medis dan paramedis. Misalnya di Puskesmas A tenaga perawat gigi lebih dari satu, maka akan direposisi ke Arjasa. Demikian juga untuk tenaga-tenaga lainnya.

“Alternatif lain yang diijinkan adalah merekrut tenaga dokter kontrak. Ini yang akan kami maksimalkan, agar jumlah tenaga medis dan paramedis di Puskesamas Arjasa yang akan naik kelas menjadi Rumah Sakit Pratama, bisa mendekati standar ideal,” ucapnya.@ridwan_licom/bj




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty