Pasar Smartphone China Kini Dikuasi Samsung

LENSAINDONESIA.COM: Raksasa ponsel dan elektronik asal Korea Selatan, Samsung, akhirnya menduduki posisi teratas di pasar smartphone China.

Posisi ini telah dibidik di pasar smartphone China sejak tahun 2009 lalu. Tahun 2012, Samsung mengeklaim telah menjual 30 juta smartphone di China, angka ini tiga kali lipat dibanding tahun 2011 yang hanya di kisaran 10 juta unit smartphone.

Pembesut smartphone Galaxy ini sekarang memang sedang di atas angin, ia menguasai pasar smartphone dan ponsel dunia. Tak hanya itu, Samsung juga mulai jor-joran menggempur pasar tablet dan PC.

Seperti yang dilansir dari Yonhap News, saat ini Samsung dikabarkan telah menguasai 17,7% pasar smartphone di China, meningkat 5,3% dari tahun 2011. Hal ini tak lepas dari dukungan departemen perindustrian dan teknologi China yang memiliki keyakinan bahwa Android akan menjadi sistem operasi yang dominan di negaranya.

Samsung berhasil memukul mundur brand tuan rumah, seperti Huawei dan Lenovo, sedangkan Nokia yang pada tahun 2011 lalu menguasai pasar smartphone China akhirnya turut tersingkir. Posisi kedua saat ini diduduki oleh Lenovo dengan pangsa pasar 13,2% dan disusul oleh Apple dengan pangsa pasar 11%.

Sementara itu, posisi ketiga diduduki oleh Huawei yang menguasai 9,9%. Posisi keempat diduduki Nokia yang menguasai 3,7% pasar. Nokia paling terpukul dibandingkan produsen lain, karena tahun 2011 lalu, Nokia masih mendominasi dengan 29,9% pasar dan kini anjlok menjadi 3,7%.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (11/03/2013), dominasi Samsung di China yang mampu mengalahkan brand China yang cukup kuat seperti Huawei dan Lenovo ini sangat mengesankan. Huawei sendiri sebelumnya bertekad akan mengalahkan Samsung di pasar global, meski saat ini harus mengakui kekalahan di kandangnya sendiri.

Peluncuran Samsung Galaxy S4 pada 14 Maret mendatang akan membuat dominasi Samsung menjadi lebih kuat jika smartphone tersebut mampu memenuhi ekspektasi konsumen China dan global.@LI-07