Bulan Agustus Samsung ‘Ancang-ancang’ Luncurkan Smartphone Tizen OS

LENSAINDONESIA.COM: Selain tengah menyiapkan aksesoris berupa gamepad untuk Galaxy S4, Samsung juga dikabarkan akan meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi yang dikembangkan sendiri, Tizen OS, yang diperkirakan (ancang-ancang) pada bulan Agustus 2013.

Jika benar apa yang dikabarkan terwujud, maka ini akan menjadi langkah nyata Samsung untuk memperkenalkan Tizen OS dan secara bertahap mengurangi ketergantungan terhadap sistem operasi Android yang selama ini telah membesarkan nama Samsung melalui jajaran produk Galaxy.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

“Sebagai platform perangkat lunak open-source, Tizen dirancang untuk memudahkan untuk mengembangkan untuk berbagai perangkat,” kata juru bicara Asosiasi Tizen.

Raksasa elektronik asak Korea Selatan ini sebenarnya telah memiliki sistem operasi sendiri yang digunakan pada jajaran smartphone Wave, yakni Bada OS. Samsung akhirnya menggabungkan proyek Bada OS yang dinilai kurang sukses ini dengan Tizen OS.

Smartphone Tizen OS yang akan dirilis Samsung pada bulan Agustus mendatang adalah smartphone high-end untuk memperkenalkan kemampuan sistem operasi open-source tersebut ke pengguna smartphone di dunia. Executive Vice President Samsung Mobile, Lee Young Hee, membenarkan kabar kehadiran smartphone Tizen OS pada bulan Agustus atau September mendatang.

“Perangkat ini akan menjadi produk terbaik dilengkapi dengan spesifikasi terbaik,” kata Lee Young Hee, Executive Vice President Samsung Mobile dengan percaya diri.

Seperti yang dilansir dari TechRedar (15/03/2013), Samsung sama sekali tak menyebutkan gambaran spesifikasi mengenai smartphone Tizen OS tersebut. Samsung diharapkan dapat menghadirkan fitur yang membedakannya dengan smartphone Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android.

Lalu mampukah Tizen OS ini menarik perhatian pasar dan bersaing dengan sistem operasi lain seperti Android dan Apple iOS? Tizen OS harus bekerja keras untuk itu, ia juga akan berhadapan dengan sistem operasi baru yang diperkirakan akan populer, yakni Firefox OS.@sido