Galaxy S4 Besutan Samsung akan Dilengkapi Aksesoris Gamepad

LENSAINDONESIA.COM: Samsung dikabarkan tengah menyiapkan aksesoris berupa gamepad untuk smartphone tercanggih. Perusahaan asal Korea Selatan ini telah memamerkan sebuah prototipe gamepad tersebut saat acara peluncuran Galaxy S4

Gamepad tersebut menampilkan fitur yang tak jauh beda dengan kontroler konsol, sebut saja hadirnya D-Pad, stik analog, tombol A, B, X, dan Y. Tak lupa, tombol Start, Select, Back, dan Menu turut disertakan.

Kehadiran aksesoris gamepad memang bukan hal yang baru, Sony ketika masih menggunakan bendera Sony Ericsson pernah merilis aksesoris gamepad untuk ponsel lipat tipe Z600. Kehadiran aksesoris gamepad ini memang merupakan daya tarik tersendiri.

Gamepad besutan Samsung ini akan menggunakan layar smartphone untuk menampilkan game dan menggunakan slot yang tersedia di smartphone sebagai dudukan gamepad. Gamepad ini menggunakan Bluetooth untuk berkomunikasi dengan smartphone dan menggunakan sumber daya dari dua baterai AAA agar dapat digunakan di mana saja.

Kehadiran aksesoris gamepad ini diharapkan mampu menyaingi pamor konsol game portabel seperti Sony PlayStation Vita atau Nintendo DS. Hal ini didukung dengan banyaknya game yang tersedia di platform Android.

Namun, banyak pihak yang mengkritik aksesoris gamepad besutan Samsung yang belum dirilis ini. Pasalnya, gamepad besutan Samsung tersebut terlalu mirip dengan kontroler konsol Xbox 360 besutan Microsoft. Tentu hal ini bisa memicu perang paten seperti yang terjadi antara Samsung dan Apple.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (15/03/2013), sampai saat ini belum dikatahui harga dan rilis aksesoris gamepad besutan Samsung [email protected]