Lapas Cebongan diserang, pengamat pertanyakan sistem keamanan

LENSAINDONESIA.COM: Pengamat kepolisian Alfons Leomau mempertanyakan sistem keamanan setiap lapas yang di monitor oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Pasalnya, pengamanan yang dilakukan seolah tidak berjalan. Pendapat ini dikemukakan pasca sering terjadinya pengeroyokan terhadap penghuni lapas.

“Ini menjadi titik balik bagi aparat pemerintah termasuk jajaran Kementerian Hukum dan Ham yang membawahi lapas. Bagaimana sistem keamanan harus dilaksanakan lebih memadai karena ada gangguan serupa ini. Seharusnya setiap sistem ada perbaikan,” kata Alfons di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu, (23/03/2013).

Alfons menyampaikan bahwa penyerangan terhadap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sudah sering terjadi. Diketahui, kemarin malam telah terjadi pengeroyokan yang menewaskan empat orang mininggal dunia di Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

“Ini fenomena bahwa banyak masyarakat sudah tidak terlalu percaya bahwa penegakan hukum sekarang sudah tidak memenuhi rasa keadilan masyarakat. Jadi, mencari katub atau pemuas sendiri terhadap hukum yang ingin ditegakkan,” tegas Alfons.@aligarut1