x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



KPU: Mereka wajib mundur dari jabatannya

Lima kades aktif di Trenggalek daftar caleg pemilu 2014

Selasa, 30 April 2013 19:57 WIB (12 months yang lalu)Editor:
Lima kades aktif di Trenggalek daftar caleg pemilu 2014 - KPU: Mereka wajib mundur dari jabatannya - Caleg Pemilu 2014 LICOM

(Foto: Ilustrasi-LICOM)Caleg Pemilu 2014 LICOM

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menemukan sedikitnya ada lima kepala desa (kades) aktif mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) Pemilu 2014.

Anggota KPU Trenggalek Suripto mengatakan, kelima kades tersebut masing-masing adalah Kepala Desa Gandusari, Sukaji mencalonkan diri melalui PKB, Kades Puyung Kecamatan Pule, Toiran yang maju dari PDIP, serta Kades Pandean, Kecamatan Dongko, Wahyudianto yang juga mencalonkan lewat PDIP.

Kemudian, Kades Mlinjon Kecamatan Suruh, Ahmad Suaib dari Gerindra, Kades Craken, Kecamatan Munjungan, Sadeli dan Kades Barang Kecamatan Panggul, Joko Wiyono maju caleg PAN.

Sejumlah kades itu diketahui masuk dalam daftar bakal calon legislatif setelah KPU melakukan verifikasi berkas yang diserahkan 12 partai politik di Trenggalek.

Ripto memperkirakan jumlah kades aktif yang mendaftarkan diri menjadi caleg masih akan bertambah, mengingat saat ini pihaknya masih belum selesai dalam melakukan penelitian berkas.

“Selain itu para kades ini tidak mencantumkan diri dalam berkasnya kalau masih aktif sebagai kepala desa, sehingga kami harus benar-benar selektif dalam melakukan pemeriksaan dan mencari informasi dari luar,” ujarnya, Selasa (30/04/2013).

Lanjut dia, sesuai dengan ketentuan, masing-masing kepala desa aktif tersebut diwajibkan untuk mengundurkan diri dari jabatannya apabila ingin tetap maju sebagai calon wakil rakyat.

“Jadi mereka harus menyerahkan surat pengunduran diri atau surat keterangan dari atasannya bahwa pengajuan pengunduran diri itu masih dalam proses, itu saja cukup,” kata Suripto.

Sementara itu, dari proses verifikasi sementara yang dilakukan KPU Trenggalek, tidak ada satupun partai politik yang berkasnya telah lengkap 100 persen.

“Kekurangannya cukup bervariasi, ada yang sedikit ada juga yang banyak. Nanti seluruh kekurangan ini akan kami inventarisir dan disampaikan ke masing-masing parpol tanggal 7 dan 8 Mei,” imbuhnya.

Suripto menjelaskan, masing-masing bakal caleg diwajibkan untuk melengkapi kekurangan persyaratan itu mulai tanggal 9 hingga 22 Mei 2013.@ridwan_licom/ant

 





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty