x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Faktor kondisi tanah gerak

Jalan sepanjang 422 kilometer di Pacitan rusak parah

Senin, 06 Mei 2013 08:25 WIB (12 months yang lalu)Editor:
Jalan sepanjang 422 kilometer di Pacitan rusak parah - Faktor kondisi tanah gerak - Kerusakan infrastruktur jalan di Kabupaten Pacitan

(Foto: Istimewa)Kerusakan infrastruktur jalan di Kabupaten Pacitan

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Dari sepanjang 798 kilometer jalan yang ada di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, 422 kilometer diantaranya mengalami kerusakan. Padahal, proyek perbaikan jalan setiap tahun telah dijalankan.

“Kerusakan jalan dalam kategori ringan, sedang dan berat. Titik lokasinya menyebar di 12 wilayah kecamatan,” kata Bupati Pacitan, Indartato, Minggu (05/05/2013).

Kerusakan jalan tersebut antara lain, akses penghubung Desa/Kecamatan Ngadirojo – Wonokarto, Desa Sukodono – Desa Kalak (Kecamatan Donorojo).

“Ini masalah yang kami hadapi. Bila ada yang diperbaiki titik jalan yang lainnya rusak lagi,” ungkapnya.

Karena itu, Indartato menilai untuk tetap membuat kondisi jalan bagus sulit dijalankan. Meskipun minimnya APBD ditopang kucuran dana bantuan dari Pemprov Jatim maupun pemerintah pusat. Alasannya, infrastuktur tersebut terus dilintasi para pengguna jalan. Selain itu juga faktor kondisi tanah yang mayoritas bergerak. Akibatnya, kerusakan pun tak terelakkan.

Meski demikian, bukan berarti pihak pemkab hanya berpangku tangan. Upaya perbaikan terus diprogramkan setiap tahunnya. Tapi, untuk pelaksanannya tentunya mempertimbangkan skala prioritas. “Kita akan dahulukan titik jalan yang tingkat kepadatan dan perekonomian lebih tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Budiyanto menambahkan, salah satu titik yang bakal diperbaiki tahun ini adalah jalur Sukodono – Kalak d Kecamatan Donorojo. “Pertimbangannya akses tersebut sudah lama rusak dan menjadi jalur menuju ke Pantai Klayar dari arah Jogjakarta,” tuturnya.

Angggaran senilai Rp 1 miliar sudah dialokasikan untuk proyek tersebut. Untuk pelaksanaannya bakal dilangsungkan dalam waktu dekat. Itu, setelah proses tender di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) pemkab rampung dijalankan. “Tahun ini di jalur tersebut akan diperbaiki,” pungkasnya.@rachma





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty