x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Siapkan lahan sepanjang 6,5 km

Pemkab Gresik segera bangun penghubung pelabuhan baru

Selasa, 07 Mei 2013 18:36 WIB (12 months yang lalu)Editor:
Pemkab Gresik segera bangun penghubung pelabuhan baru - Siapkan lahan sepanjang 6,5 km - Proyek pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, di Kabupaten Gresik

(Foto: setkab)Proyek pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, di Kabupaten Gresik

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, menyiapkan lahan penghubung untuk menuju pelabuhan baru yang dibangun di Kecamatan Manyar.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, lahan dan bakal lahan penghubung menuju pelabuhan itu akan dibuat sepanjang 6,5 kilometer.

Baca juga: PLN mulai pasang infrastruktur listrik Terminal Teluk Lamong dan Terminal Teluk Lamong, akan gunakan energi listrik dan gas

“Proyek pelabuhan internasional itu nantinya cukup luas, dan direncanakan rutenya mulai dari bibir pantai di sekitar Kali Mireng hingga 6,5 km ke arah wilayah perbatasan Manyar-Bungah,” katanya, Selasa (07/05/2013).

Ia menegaskan, rencana awal pembangunan pelabuhan Kali Mireng tidak akan berubah, dan lokasinya tetap berada di perbatasan Kecamatan Manyar dan Bungah, tepatnya di muara Kali Mireng.

Sambari menjelaskan, sejumlah investor sudah mulai tertarik untuk bergabung membiayai pelabuhan yang akan menggantikan posisi Tanjung Perak, Surabaya.

Meski demikian, pihaknya tidak mau menyebut investor mana saja yang siap bergabung dalam pembiayaan pembangunan pelabuhan yang rencananya menjadi pelabuhan terbesar di Jawa Timur.

Sementara itu, sesuai informasi dari perencanaan pembangunan Pemkab Gresik, masih ada sekitar 2 ribu hektar lahan yang harus dibebaskan untuk memulai proses pembangunan.

“Memang sejauh ini yang sudah dikerjakan hanya pengurukan jalan, sedangkan untuk lainnya masih menyusul,” katanya.

Meski demikian, pihaknya optimistis pembangunan pelabuhan akan segera dimulai karena sesuai dengan komitmen Pemkab Gresik untuk membangun pelabuhan bertaraf internasional di wilayah setempat.

Sebelumnya, proyek pembangunan pelabuhan internasional di Kali Mireng, Gresik sudah lama digagas, tujuannya sebagai perluasan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Selain itu, proyek pembangunan pelabuhan di Gresik dilakukan untuk mengantisipasi padatnya pelabuhan Tanjung perak Surabaya.@ridwan_licom/ant




code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty