x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



Pemilik KTP tidak pernah memberi dukungan

Payah! 38 ribu dukungan Cagub Jatim Eggi-Sihat di Jember ternyata fiktif

Sabtu, 11 Mei 2013 18:30 WIB (11 months yang lalu)Editor:
Payah! 38 ribu dukungan Cagub Jatim Eggi-Sihat di Jember ternyata fiktif - Pemilik KTP tidak pernah memberi dukungan - Pasangan Cagub Jatim Jalur Independen Eggi Sudjana-Mohammad Sihat

(Foto: dok licom)Pasangan Cagub Jatim Jalur Independen Eggi Sudjana-Mohammad Sihat

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAONDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember menyebutkan, berdasarkan verifikasi ribuan dukungan pasangan bakal calon Gubernur Jawa Timur jalur independen Eggi Sudjana-Muhammad Sihat ternyata fiktif.

Komisioner KPU Jember, Habib M. Rohan mengatakan, hasil verifikasi di tingkat desa dan kecamatan yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) secara terbuka di Aula KPU, tercatat sebanyak 95, 65 persen dari total berkas dukungan yang mencapai 38 ribu lebih fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah fiktif.

“Hanya sekitar 1.700 orang atau 4,35 persen yang benar-benar mendukung calon kepala daerah independen itu. Lainnya fiktif,” ungkapnya, Sabtu (11/05/2013).

KPU Jember melakukan verifikasi sebanyak 38 ribu fotokopi dukungan untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim jalur perseorangan, Eggi Sujana-M. Sihat yang tersebar di 26 kecamatan di 140 desa atau kelurahan di kabupaten setempat.

Dalam verifikasi faktual yang dilakukan, lanjut dia, ditemukan alamat yang bukan dari Kabupaten Jember, melainkan kabupaten/kota lainnya di Jatim seperti Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Tuban, Probolinggo dan Bondowoso.

“Ada juga masyarakat yang dicatut KTPnya dalam berkas dukungan tersebut, namun yang bersangkutan mengaku tidak pernah memberikan dukungan kepada Eggi-Sihat untuk menjadi bakal calon kepala daerah Jatim,” paparnya.

Habib menilai pasangan Cagub Jatim dari jalur perseorangan tersebut belum siap dan administrasi pemberkasan dukungannya masih amburadul, sehingga tidak sesuai dengan ketentuan persyaratan dukungan.

Sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Daerah, calon perseorangan disyaratkan mengantongi dukungan tiga persen dari total jumlah penduduk.

Dengan ketentuan itu, bakal calon perseorangan di Jatim paling tidak harus mengantongi 1.118.096 dukungan yang dibuktikan dengan foto kopi KTP atau identitas lainnya.

“Hasil rekapitulasi penghitungan suara berkas dukungan pasangan Eggi Sudjana-M. Sihat akan diserahkan ke KPU Jatim dalam waktu dekat,” ujarnya.

Seperti diberitakan LICOM, sebelumnya, puluhan ribu dukungan palsu Eggi-Sihat juga ditemukan di sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Kabupaten Sumenep, Lamongan dan Ponorogo.

Terkait skandal dukungan palsu ini, kalangan mahasiswa di Kabupaten Sumenep Madura, menolak pencalonan Calon gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) Jawa Timur jalur independen Eggi Sudjana-Mohammad Sihat dalam Pilgub Jatim 2013.

Alasannya, karena masyarakat sudah sadar dan pintar memilih dan tidak mau diakal-akali.@ridwan_licom/ant





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty