x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


PT HMI pesismis seratus persen

Proyek tol Kertosono-Mojokerto terganjal pembebasan lahan

Rabu, 17 Juli 2013 23:28 WIB (1 year yang lalu)Editor:
Proyek tol Kertosono-Mojokerto terganjal pembebasan lahan - PT HMI pesismis seratus persen - Presdir PT MHI Wiwiek Santoso (kiri) saat melakukan visit ke lokasi pembangunan kontruksi jalan tol

(Foto: Syafii)Presdir PT MHI Wiwiek Santoso (kiri) saat melakukan visit ke lokasi pembangunan kontruksi jalan tol

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), kontraktor pelaksana kontruksi jalan tol trans java pada ruas jalan Kertosono – Mojokerto bakal kesulitan menyelesaikan proyek pembangunan tol jika pembebasan lahan belum tuntas.

Akibat terganjal pembebasan tanah, PT MHI hanya bisa mematok penyelesaian pekerjaan maksimal 50 persen jika tidak seluruh lahan yang dilewati ruas jalan tol bisa dibebaskan oleh pemerintah.

Baca juga: Longsor Jombang, lima meninggal, puluhan tertimbun dan Jombang lebih percaya diri gaet investor lebih banyak tahun depan

Direktur Teknik PT MHI, Rinaldi mengatakan, di beberapa bagian pada ruas jalan tol Kertosono – Mojokerto pengerjaan kontruksi jalan tol sudah dilaksanakan. Namun, pada beberapa lahan yang masih dalam proses pembebasan, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa.

Dia menyebutkan, sebagian besar lahan milik warga yang masuk dalam skema ruas jalan tol Kertosono – Mojokerto sudah berhasil dibebaskan dan dilimpahkan kepada PT MHI. Namun, masih adanya lahan yang belum berhasil dibebaskan membuat penyelesaian kontruksi jalan tol bakal sulit tercapai.

“Pada seksi satu, lahan yang berhasil dibebaskan dan dilimpahkan kepada kami kurang 7 persen, sedangkan pada seksi dua kurang 15 persen,” ujar Rinaldi, saat ditemui di lokasi proyek pembangunan jalan tol pada lokasi persimpangan jalan tol di Desa Tamping Mojo, Kecamatan Tembelang, Jombang, Selasa (16/07/2013) petang.

Rinaldi mengatakan, ruas jalan tol Kertosono – Mojokerto sebagai bagian dari jalan trans java, sebagian besar lahannya berada di wilayah Kabupaten Jombang.

Khusus di wilayah Jombang, ruas jalan itu terbagi menjadi dua seksi. Seksi 1 berada pada wilayah Bandar Kedungmulyo – Jombang, sedangkan seksi 2 berada di wilayah Jombang – Mojokerto Bagian Barat.

Pada seksi satu, pengerjaan kontruksi jalan tol sudah mencapai 45 persen. Namun, menurut Rinaldi, pengerjaan kontruksi jalan tol pada ruas Kertosono – Mojokerto, baik pada seksi 1 maupun seksi 2 tidak akan bisa maksimal jika seluruh lahan yang dibutuhkan tidak segera bisa dibebaskan.

“Kalau tidak semua lahan bisa dibebaskan, pengerjaan kontruksinya maksimal hanya 50 persen,” ujar dia.

Kapan waktu selesainya pengerjaan kontruksi? Rinaldi tidak bisa memastikan sebab pihaknya masih menunggu proses pembebasan lahan oleh pemerintah.

“Soal pembebasan lahan itu bukan domain kami, namun jika belum bisa dibebaskan seluruhnya, kami tidak bisa memperkirakan ini kapan akan selesai,” pungkas Rinaldi.@MOH_syafii

 

 

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty