x
 

menu
search icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etcsearch icons, etc

menu


 
  1. Global
  2. Demokrasi
  3. Protonomi
  4. Jatim
  5. Jakarta
  6. Ekonomi
  7. Hiburan
  8. Techno
  9. Sport
  10. Kesehatan
  11. Edukasi
  12. Lensa Perempuan
  13. Kolom LICOM
  14. Kodak
  15. Opini Bebas
  16. Video
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Google+
  1. Android App
  2. Blackberry App
  1. Disclaimer
  2. Kontak Kami
  3. Tentang Kami


code: 728x90, idcomboard1com is empty



code: 320x50, idcomadsmobileheadcom is empty


Hingga kini masih diselidiki

Dinas Pendidikan Mojokerto siap pecat guru pengguna ijazah palsu

Sabtu, 07 September 2013 13:57 WIB (12 months yang lalu)Editor:
Dinas Pendidikan Mojokerto siap pecat guru pengguna ijazah palsu - Hingga kini masih diselidiki - Polda Jatim menunjukkan ijazah palsu yang berhasil diamankan beberapa waktu lalu.

(Foto: ISTIMEWA)Polda Jatim menunjukkan ijazah palsu yang berhasil diamankan beberapa waktu lalu.

code: 160x600, idcomsky1com is empty


LENSAINDONESIA.COM: Temuan Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya yang melaporkan tiga guru asal Kabupaten Mojokerto dalam penggunaan ijazah palsu ke Polda Jatim untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) mendapat respon Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Di antara ketiga guru itu yakni Ansori (SDN Pacet 3 Kabupaten Mojokerto) dan Lilik Isnawati (SDN Cinandang Dawarblandong Kabupaten Mojokerto). “Jika memang mereka terbukti menggunakan ijazah palsu maka bisa dipecat,” kata Mujiono, Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto saat dihubungi LICOM, Sabtu (07/09/2013).

Baca juga: Komisi A DPRD Mojokerto minta pelaku Pungli PNS ditangkap dan Ditarik ratusan juta, honorer K2 curhat ke DPRD Mojokerto

Pemecatan itu dilakukan, kata Mujiono, jika ketiganya berstatus PNS. Serta ijazah palsu itu sudah digunakan untuk mendaftarkan diri sebagai PNS. Tapi jika ijazah palsu itu hanya digunakan untuk mengurus kenaikan pangkat ataupun golongan, maka kenaikan pangkat dan golongan itulah yang dibatalkan. “Tapi jika ijazah palsu itu baru digunakan untuk kepentingan sertifikasi, maka tahapan sertifikasi mereka saja yang dibatalkan,” tegasnya.

Dengan kata lain, mereka dicoret dari peserta PLPG dan hak mereka untuk mengikuti sertifikasi digugurkan. Namun sampai kemarin, Mujiono mengaku belum dapat memastikan status ketiga guru yang dilaporkan Polda tersebut. “Sampai sekarang kita belum dapat pemberitahuan, baik dari Unesa selaku penyelenggara PLPG maupun dari Unipa selaku kampus yang dirugikan terkait adanya guru dari Kabupaten Mojokerto yang bermasalah,” paparnya.

Tahun lalu, ada dua guru yang kedapatan menggunakan ijazah palsu untuk mengikuti PLPG. Satu guru SDN dan satu guru SMK swasta. Keduanya berstatus guru PNS. “Waktu itu satu guru yang kita temui mengakui memang beli ijazah palsu itu,” tegasnya. Makanya Dinas Pendidikan lantas bersikap tegas. Haknya untuk mengikuti sertifikasi digugurkan pada saat itu juga. “Untuk kasus semacam ini biasanya penyebabnya ada dua,” tegasnya.

Pertama, guru benar-benar mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan oleh pengelola palsu. Sehingga ijazahnya pun akhirnya palsu. Dalam kasus seperti ini, guru menjadi korban atas penipuan yang dilakukan pengelola pendidikan. “Karena ketidaktahuannya guru akhirnya jadi korban,” tegasnya.

Tapi bisa jadi yang terjadi adalah pola kedua. Yakni karena ingin mengejar tunjangan profesi satu kali gaji, guru lantas menghalalkan segala cara untuk mendapatkan ijazah S-1. Salah satunya dengan cara membeli ijazah palsu dari sindikat mafia ijazah. Dalam konteks seperti ini, guru bisa termasuk kategori pelaku karena secara nyata kedapatan menggunakan ijazah palsu.@rif

Kasus ijazah palsu di Kabupaten Mojokerto:

Tahun                jumlah          SD          SMK
2012                   2                       1             1

2013                  3                        3           0

 

code: 300x250, idcomadsmobilecom is empty





code: 300x250, idcomsensebox1com is empty


code: 300x250, idcomright1com is empty


code: 300x250, idcomright2com is empty



code: 728x90, idcom2com is empty