Kampung Penyu dalam kemeriahan Takabonerate Island Expedition 2013

0

LENSAINDONESIA.COM: Kampung penyu yang terletak di Dusun Tulang, Desa Barugaia, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan untuk kali pertama menjadi saksi bisu kemeriahan penyelenggaraan Takabonerate Island Expedition V sebagai lokasi dipusatkannya kegiatan bersih pantai, dialog interaktif dan pelepasan anak tukik.

Penyelenggaraan Takabonerate Island Expedition kelima tahun 2013 sungguh berbeda dengan empat tahun sebelumnya. Sejumlah agenda kegiatan tambahan ikut memeriahkan pelaksanaan ajang promosi wisata tahunan yang digelar bersama Pemprov Sulsel dan Pemkab Kepulauan Selayar ini.

Salah satu agenda kegiatan tambahan terpenting yang ikut digelar adalah Save Turtles 2. Rangkaian acara yang digelar bersama oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan organisasi Sileya Scuba Divers ini dipusatkan di Kampung Penyu, Dusun Tulang, Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai.

Kegiatan berisikan agenda bersih pantai, dialog interaktif, dan pelepasan tukik tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH.

Selain itu, Takabonerate Island Expedition turut dimeriahkan dengan pelaksanaan sejumlah kegiatan lomba bertema lingkungan hidup yang dituangkan dalam bentuk lomba desa, lingkungan dan pantai terbersih, lomba desa terumbu karang, dan ekosistem terbaik serta lomba kelompok/kelembagaan pemberdayaan masyarakat terbaik.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan lain di antaranya, penanaman pohon, bersih pantai, pelepasan tukik, transplantasi karang dan fun dive.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Aksi Konservasi Taman Nasional Takabonerate ini dijadwalkan akan berlangsung hingga Minggu (1/12/2013) mendatang. Adapun lokasi kegiatannya akan dipusatkan di Pulau Tinabo, Kecamatan Takabonerate.@fadly syarif