DPRD Kota Kediri minta PPDB tahun ini digelar berbarengan

LENSAINDONESIA.COM: DPRD Kota Kediri meminta agar penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2015 di Kota Kediri dilakukan secara berbarengan. Dua jalur yang disediakan adalah jalur gakin dan jalur reguler.

“Semua pendaftar baik jalur gakin maupun prestasi akan dibarengkan. Hal itu dilakukan untuk menghindari diskriminatif antar siswa saat mendaftar,” ungkap Sekretaris Komisi C DPRD Kota Kediri Yudi Ayubchan, Kamis (4/6/2015).

Lebih lanjut Yudi mengatakan, dalam pembahasan draf perwali tentang PPDB , pihaknya menginginkan semua jalur untuk proses pendaftaran dibarengkan. “Baru setelah itu dilakukan tahap seleksi untuk jalur gakin harus menyertakan KTP orang tua yang domisili warga Kota Kediri, kartu keluarga Kartu Perlindungan Sosial (KPS) dan juga Kartu Indonesia Pintar (KIP) asli” ungkap Yudi.

Sementara itu, Kota Kediri tetap menerima pendaftaran siswa dari luar kota. Pagu untuk SMPN adalah 10 persen, sedangkan SMAN 1, 2, 3 dan 7 menetapkan pagu 10 persen, untuk SMA Negri 4 dan SMA Negeri 6 menerapkan pagu luar kota 25 persen dan SMA Negeri 5, pagu luar kotanya 20 persen.@andik kartika.