Tahun ini, Kota Kediri hapus PPDB jalur keluarga miskin

LENSAINDONESIA.COM: Dinas Pendidikan Kota Kediri memastikan tidak akan membuka jalur gakin (keluarga miskin) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015. Tahun ini, hanya ada dua jalur yang dibuka yaitu Jalur Reguler dan Jalur Prestasi dan Kemitraan.

Jalur reguler akan digelar 2 Juli sedangkan Jalur Prestasi dan Kemitraan 15 Juni 2015. “Tahun ini jalur gakin tidak ada, namun pembiayaan untuk siswa tak mampu tetap dikover pemerintah baik di negeri maupun swasta,” kata Kabid Sungram Dinas Pendidikan Kota Kediri, Chevy Ning, Selasa (9/6/2015).

Ia memastikan pelaksanaan PPDB tahun ini akan berlangsung transparan.

Dan pada Tahun 2015 ini Pendaftaran PPDB tingkat SMP dan SMA memakai Nilai Ujian Akhir (NUN). Sedangkan pendaftaran Sekolah Kejuruan Selain selain memakai NUN, juga dilakukan Tes.

“Untuk Jalur Prestasi serta kemitraan dan kita akan menyeleksi dengan ketat, Jalur Prestasi harus ada Sertifikat yang dikeluarkan oleh Lembaga yang berkompeten,” jelasnya.

Pendaftaran untuk Jalur Prestasi dan Kemitraan untuk SMP, SMA dan SMK dibuka 15-25 Juni 2015 dan yang lolos seleksi akan diumumkan 29 Juni mendatang.

Ditanya soal kuota siswa luar kota, Chevy mengungkap ada perbedaan di tiap sekolah. Seperti SMAN 4 dan 6 Kota Kediri menerima 25 % siswa dari luar daerah, SMAN 8 menerima 15% siswa luar daerah.

Sementara itu, untuk SMAN 1,2,3,5,7 menampung 10 % siswa luar daerah dan untuk tingkat SMPN semua sama rata rata menerima siswa luar daerah 10%. @ andik kartika