Puluhan penjual uang Lebaran di Kediri disidak polisi

LENSAINDONESIA.COM: Petugas gabungan dari Polres Kediri Kota dan Bank Indonesia melakukan sidak pada beberapa penjual jasa penukaran uang pecahan lebaran. Menjelang Idul Fitri memang penjual uang menjamur di beberapa jalan protokol yang ada di Kota Kediri.

Petugas memeriksa tempat penukaran uang, yang mangkal seperti di jalan Sudanco Supriyadi, dan di jalan PK Bangsa Kota Kediri. Dua jalan tersebut ada puluhan penjual jasa penukaran uang pecahan.

Dalam sidak tersebut, petugas memeriksa uang yang sudah dalam bentuk kemasan. Petugas, juga melakukan pengecekan tehadap keaslian uang tersebut, serta jumlahnya.

Selain itu, dari Bank Indonesia juga melakukan sosialisasi pada semua pemilik jasa penukaran uang, perbedaan uang palsu dan asli.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Wisnu Prasetya mengatakan, pihaknya melakukan sidak pada penukaran uang di jalan raya untuk menekan penukaran uang yang diduga palsu.

“Apalagi, saat mendekati lebaran, dikhawatirkan, ada pelaku kejahatan yang memanfaatkan moment tersebut, untuk melancarkan aksinya,” ungkap Wisnu. @andikkartika