Sebanyak 520 tukang becak di Kediri dapat asuransi gratis

LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 520 tukang becak di Kota Kediri menerima asuransi jiwa gratis selama setahun dari perusahaan asuransi WanaArtha Life, Minggu (06/09/2015).

Dengan adanya asuransi ini, keluarga tukang becak akan mendapatkan jaminan ekonomi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya kematian.

Program Asuransi Penuh Cinta (Si Peci) ini digelontorkan ratusan tukang becak dengan jangka waktu Satu tahun terhitung mulai tanggal 06 September 2015 ini.

Presiden Direktur WanaArtha Life, Yanes Y Matulatuwa mengatakan, para abang becak yang telah diberi kartu Si Peci apabila sakit dan meninggal, pihak keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan klaim asuransi Rp 5 juta dan Rp 25 juta apabila meninggal karena kecelakaan.

Kata dia, perusahaan memang membuat berbagai program untuk menarik nasabah. Salah satunya dengan program yang segmennya menengah ke bawah. Walaupun saat ini situasi ekonomi sulit, ia tetap optimistis pangsa pasar dari asuransi akan bagus.

“Memang kondisi ekonomi lagi turun, tapi kami yakin potensi tetap ada. Kami buat strategi dari sisi produk dengan pengembangan produk dan asuransi ini tujuannya untuk menengah ke bawah,” katanya.

Ia mengatakan, prospek usaha asuransi masih sangat terbuka lebar. Hal itu bisa dlihat dari masih minimnya jumlah warga di Indonesia yang mempunyai kesadaran untuk ikut asuransi. Dari jumlah 250 juta warga Indonesia, hanya 12-15 persen yang mempunyai polis asuransi.

“Kesadaran asuransi masih rendah, dari 250 juta warga, hanya 12-15 persen yang mempunyai polis, yang berarti kesempatan masih terbuka, dan tinggal bagaimana mengelolanya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, setiap tahun aset perusahaan meningkat cukup signifikan. Pada 2014, terjadi peningkatan aset sampai 16 persen jika dibandingkan dengan pendapatan pada 2013, dimana pada 2014 mampu membukukan aset sampai Rp2,5 triliun. Pada 2015, diharapkan peningkatannya juga sama seperti pada 2014.

Sementara itu, Badrus Salam, salah seorang penarik becak asal Kecamatan Kota, Kediri mengaku sangat senang. Sebab selama ini dirinya tidak pernah mengikuti program asuransi.

“Saya baru pertama dapat asuransi. Sebelumnya belum pernah ikut,” kata.

Ia mengaku tidak sempat berpikiran soal ikut asuransi, sebab pendapatan dari menarik becak tidak tentu. Kebutuhan keluarga sehari-hari juga cukup besar, sehingga untuk uang yang didapat digunakan membeli bahan pokok.@andik kartika