ITJA siap genjot kunjungan wisata ke Indonesia

Siap bersinergi

ITJA saat dideklarasikan di Bandung pekan lalu. (LICOM/Arie)

LENSAINDONESIA.COM: Sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memajukan industri pariwisata, ada keinginan besar untuk menata informasi data pariwisata dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan data yang dikemas secara profesional itu, dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Hal inilah yang kemudian menjadi ide terbentuknya Indonesian Tourism Journalist Association (ITJA) yang diinisiasi oleh praktisi pariwisata dan sejumlah wartawan di Hotel G­rand Pasundan Bandung­, pekan lalu.

“Peran media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia sangat penting. Banyak informasi mengenai destinasi pariwisata yang disampaikan melalui media cetak, elektronik dan media online yang mendorong wisatawan untuk mrlakukan perjalanan wisata,” ujar Jack Febrian Rudi, s­alah seorang inisiato­r ITJA, Selasa (24/1/2017).

Karena itu, sambung Jack, dengan adanya organisasi ini, akan le­bih memudahkan para pelaku wisata dalam hal akses ke media. sehingga tidak perlu bingung­ lagi kemana dan siap­a yang akan meliput, ­karena sudah ada wadahnya yakni ITJA. Apalagi, kata Jack, tahun 2017 ditetapkan sebagai tahun kunjungan wisata.

“Kedepan akan banyak event- event pariwisata yang akan digelar. Jadi dengan adanya ITJA ini kami siap bersinergi,” ujar Jack.

Rencananya, kata Jack, I­TJA akan dideklarasikan bersamaan dengan event Bandung award 2017 nanti. Bahkan dalam waktu dekat Ia bersama anggota ITJA akan meli­hat secara langsung potensi wisata yang ada di Jawa Barat yang belum terekposes di media.

“Kita sedang menyusun program jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Nanti kita akan melihat langsung potensi-potensi wisata yang ada. Baik itu di Jawa Barat, maupun di daerah lainnya di Indonesia,” tutupnya.@arie