Ini 7 penyakit yang terdeteksi dari bau mulut

Mulai diebetes hingga gangguan ginjal

Ilustrasi bau mulut

LENSAINDONESIA.COM: Bau mulut biasanya muncul di pagi hari akibat kebersihan yang tidak maksimal sehingga bakteri penyebab bau berkembang biak di mulut. Namun tahukan Anda, bau mulut ternyata juga disebabkan penyakit tertentu.

Beikut ini jenis bau mulut berdasarkan penyakitnya;

Bau amis
Nitrogen dan sulfur adalah penyebab utama keluarnya bau amis di mulut. Jika mengalami bau ini, berarti ada masalah kesehatan yang berkaitan dengan ginjal. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal Anda.

Bau seperti kotoran
Bau mulut seperti kotoran itu artinya ada gusi terinfeksi karena adanya bakteri anaerob dalam mulut. Bakteri ini muncul disebabkan kurangnya flossing atau membersihkan gigi dengan benang.

Bau seperti mulut kering
Bau mulut seperti mulut kering biasanya disebabkan kekeringan yang terjadi di dalam mulut atau terjadinya xerostomia akibat produksi air liur yang tidak normal. Kondisi bau seperti ini biasanya terkait dengan masalah gusi dan kerusakan gigi.

Bau busuk
Bau mulut seperti daging busuk tandanya ada masalah dengan tonsilitis Anda. Tonsilitis yang terinfeksi dan meradang akan membuat produksi bakteri anaerob semakin agresif. Bakteri ini akan menghasilkan bakteri sulfur yang menyebabkan bau busuk.

Bau mirip buah pir
waspadalah bila bau mulut seperti buah pir karena itu biasanya pertanda Anda terkena penyakit diabetes tipe 1. Bau seperti ini muncul ketika ada kekurangan insulin di dalam tubuh Anda.

Bau seperti susu fermentasi
Mulut berbau seperti susu fermentasi biasanya terjadi pada seseorang yang sedang diet rendah karbohidrat namun tinggi protein. Bau ini muncul sebagai pertanda diet yang dilakukan kurang seimbang. Oleh karena itu ganti diet Adengan komposisi menu yang seimbang sebab karbohidrat juga diperlukan untuk kesehatan tubuh Anda.

Bau seperti kamper
Para penderita sinus biasanya memiliki bau napas seperti kamper. Hal itu diakibatkan lendir yang terbentuk ketika hidung tersumbat mengandung protein yang sangat padat sehingga menghasilkan bau mirip kamper.

TULISKAN KOMENTAR