LAZ Al Azhar buka pendaftaran pelatihan Dasamas

Hingga 15 Februari

Asrama Dasamas Center di Bogor. (dok. LAZ Al Azhar)

LENSAINDONESIA.COM: LAZ Al Azhar menggelar kegiatan Pelatihan Dasamas Center untuk menjaring para pendamping desa baru yang akan ditempatkan di desa binaan LAZ Al Azhar. Jumlah desa binaan yang terus bertambah membuat kebutuhan pendamping desa yang disebut Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) makin meningkat.

Kepala Divisi Program LAZ Al Azhar Rahmatullah Siddik mengatakan banyak pihak dari pemerintah maupun swasta yang menginginkan kampung halamannya dibina dengan program Indonesia Gemilang LAZ Al Azhar.

“Saat ini jumlah Desa Gemilang ada 38 desa dari 11 provinsi. Dan akan segera bertambah menjadi 50 desa dari 15 provinsi se-Indonesia,” ujar Rahmat dalam siaran pers, Selasa (6/2/2017).

Pelatihan Dasamas Center adalah program khusus pendidikan dan pelatihan untuk para pendamping masyarakat yang memiliki kapasitas, integritas dan dedikasi tinggi dalam program besar membangun keberdayaan dan kemandirian masyarakat menuju Indonesia Gemilang. Nantinya para peserta akan mendapatkan dua materi pelatihan yakni pemberdayaan masyarakat dan manajemen masjid.

Sementara itu, menurut manajer program LAZ Al Azhar Rayan Asa mengatakan saat ini pendaftaran untuk menjadi peserta pelatihan Dasamas Center masih dibuka dan akan ditutup pada tanggal 15 Februari 2017.

“Program ini khusus untuk pria usia 25 – 40 tahun dengan pendidikan minimal SMA/SLTA. Calon peserta juga diutamakan pernah mengenyam pendidikan di dunia pesantren terlebih memiliki keahlian tertentu yang dibutuhkan di desa binaan seperti pertanian, perkebunan dan perikanan,” kata Rayan.

Kegiatan pelatihan akan diselenggarakan di Gedung Dasamas Center, Bogor mulai dari tanggal 19 Februari hingga 03 Maret 2017. Sebuah gedung yang merupakan wakaf dari salah seorang donatur LAZ Al Azhar.

Manfaat dari pelatihan ini adalah akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam ilmu dakwah, psikologi, dasar pertanian-peternakan, dan metodologi pemberdayaan masyarakat serta langsung praktek pemberdayaan di lokasi binaan LAZ Al Azhar.

“Semua akomodasi selama pelatihan akan kami tanggung dan bagi peserta yang terbaik akan mendapatkan kesempatan bergabung dengan LAZ Al Azhar melalui proses seleksi dan akan langsung ditempatkan di desa binaan,” tutup [email protected]

TULISKAN KOMENTAR