Berkat Rumah Gemilang Indonesia, mantan OB bisa keliling dunia

Lulusan angkatan 8

LENSAINDONESIA.COM: Bisa berjalan-jalan ke luar negeri dengan gratis tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Muhammad Iqbal (24 th). Pemuda asal Depok ini merupakan alumni RGI (Rumah Gemilang Indonesia) angkatan 8 yang lulus pertengahan tahun 2013 lalu jurusan fotografi dan videografi.

Setelah lulus RGI, Iqbal langsung bekerja di sebuah PH (production house) sebagai editor video dan kameramen yang berkantor di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan. Karena banyak lokasi syuting yang mengambil gambar di luar negeri, Iqbal pun turut ikut dalam rombongan tim produksi.

Negara yang pernah Iqbal kunjungi di antaranya adalah Belanda, Perancis, Hongkong, dan Arab Saudi. “Untuk yang di Hongkong saya rutin sebulan sekali ke sana karena sudah ada kontrak hingga beberapa bulan ke depan”, ujar Iqbal yang saat diwawancarai tim LAZ Al Azhar sedang berada di Arab Saudi, Jumat (10/2/2017).

Iqbal mengaku ia tak pernah berpikiran akan menjadi seperti saat ini, karena hanya berasal dari keluarga biasa yang hanya mempu mengenyam pendidikan hingga SD. Iqbal juga pernah bekerja sebagai OB (Office Boy) di sebuah bank di kawasan Jakarta.

Karena ingin terus mengembangkan dirinya, ia memutuskan keluar dari pekerjaannya dan ikut dalam seleksi peserta RGI untuk angkatan 8. Ia pun akhirnya masuk menjadi santri RGI dan bahkan saat wisuda ia berhasil meraih penghargaan sebagai Santri Terbaik dari jurusan Fotografi dan Videografi.

Selain digodok dibidang keterampilan, Selama di RGI Iqbal juga diberikan pengetahuan agama dengan tujuan agar setelah lulus nanti para alumni tak hanya ahli di jurusannya tetapi juga berakhlakul karimah.

Setiap harinya para santri dibiasakan untuk melakukan sholat malam, shubuh berjamaah, sholat dhuha, membaca surat Al Waqiah bersama-sama sebelum belajar dan diberi motivasi oleh para motivator yang didatangkan ke RGI. Nampaknya pelajaran yang diterima Iqbal selama di RGI ini terus dibawa sebagai pegangan hidupnya. Karena attitude yang baik ini pula ia banyak disukai oleh teman ditempatnya bekerja saat ini.

Rumah Gemilang Indonesia tempat Iqbal dibina, adalah pusat pemberdayaan pemuda produktif yang telah dijalankan LAZ Al Azhar sejak tahun 2009 yang berlokasi di Sawangan, Depok khusus dari kalangan keluarga tidak mampu atau dhuafa.

Di kampus RGI peserta diklat dibekali dengan keterampilan dan keahlian oleh para instruktur yang professional di bidangnya. Terdapat 6 kelas keterampilan yang dibuka, yaitu, Desain Grafis, Teknik Komputer dan Jaringan, Fotografi dan Videografi, Menjahit dan Tata Busana, Aplikasi Perkantoran dan Teknik Otomotif.

Selama 6 bulan pula mereka digembleng menjadi pemuda berkeahlian, memiliki wawasan pengetahuan dan keagamaan yang luas, berakhlaq baik dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi, serta memiliki semangat mandiri dan kemampuan leadership yang baik.@*/licom